Sukses

Keripik Sayuran Kerap Dianggap Camilan Sehat, Nyatanya Tidak

Identik dengan sehat, rupanya sebagian keripik sayuran itu tinggi garam dan minyak.

Liputan6.com, Jakarta Kini, ada banyak olahan keripik sayuran yang berasal dari wortel, kacang panjang, atau bayam. Perlu diketahui tidak semua keripik sayuran yang dijual itu sehat. Studi terbaru mengemukakan, keripik sayuran bisa lebih tidak sehat dibandingkan keripik biasa.

Berdasarkan studi yang dilakukan ahli nutrisi Inggris, Charlotte Sitling-Reed, keripik sayuran biasanya hanya mengandung nutrisi 2/3 sayuran itu. Lalu, penuh dengan garam dan minyak. Sehingga tak heran bila kandungan lemak keripik sayuran tinggi.

Data yang ditemukan Charlotte menunjukkan 40 gram keripik sayuran memiliki jumlah lemak sama dengan keripik kentang. Sementara bila dibandingkan dengan cokelat bar, kandungan lemaknya dua kali lebih banyak.

"Keripik tetap keripik, walau berbahan dasar sayuran. Keripik sayuran tetap saja mengandung lemak jenuh dan garam terlalu tinggi dari produk camilan keripik lainnya," kata Charlotte menjelaskan seperti mengutip Independent, Selasa (4/7/2017).

Sehingga penting untuk diingat bahwa tidak semua dengan embel-embel sayuran, termasuk keripik sayuran, itu pasti lebih sehat. Pastikan sebelum membeli mengecek kandungan gizi terlebih dahulu.

 

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.