Sukses

Usaha Turun Berat Badan Jadi Percuma Kalau Terlalu Lama Tidur

Terlalu banyak tidur hingga melewatkan sarapan menjadi kebiasaan buruk yang bisa menggagalkan usaha penurunan berat badan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Semua tahu kebiasaan makan junk food akan menggagalkan usaha penurunan berat badan. Namun rupanya, kebiasaan tidur terlalu banyak juga bisa menyia-nyiakan usaha Anda, loh.

Seperti dikutip laman Bright Side, Senin (3/7/2017), berikut tiga kebiasaan yang tanpa disadari bisa menggagalkan usaha turun berat badan.

1. Terlalu banyak tidur

Mungkin tidur akan menghindari keinginan Anda untuk makan atau ngemil. Namun, menurut sebuah studi yang terbit dalam jurnal PLOS One, tidur terlalu lama--lebih dari 10 jam--akan menyebabkan indeks massa tubuh meningkat drastis.

2. Kamar terlalu gelap

Agar usaha turun berat badan tidak sia-sia, hindari kamar tidur yang terlalu gelap saat Anda bangun pagi hari. Studi di jurnal PLOS One, juga menemukan bahwa gelombang cahaya biru dari matahari pagi meningkatkan metabolisme yang bisa mempengaruhi berat badan.

Setidaknya setiap pagi Anda harus terpapar sinar matahari selama 20-30 menit untuk menurunkan berat badan.

3. Porsi sarapan sedikit

Peneliti dari Universitas Tel Aviv menganjurkan untuk melengkapi asupan nutrisi dalam menu sarapan bila ingin usaha turun berat badan berhasil.

Disarankan untuk mendapat sarapan seimbang yang mengandung 600 kalori protein tanpa lemak, karbohidrat, dan beberapa makanan penutup untuk menghindari keinginan makan besar di siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.