Sukses

Ulat Sutra Bisa Perbaiki Gendang Telinga yang Rusak

Peneliti Perth dan Melbourne, Australia telah menemukan cara untuk memperbaiki gendang telinga yang robek menggunakan ulat sutera.

Liputan6.com, Jakarta Peneliti dari Perth dan Melbourne, Australia, telah menemukan cara untuk memperbaiki gendang telinga yang robek, yaitu dengan menggunakan ulat sutera.

Perangkat bernama "ClearDrum" ini dirancang untuk menumbuhkan sel telinga. Marcus Atlas, seorang ahli bedah dan profesor di Perth memilih sutera untuk membuat perangkat itu karena lebih fleksibel dibanding menggunakan bahan lain.

Ditulis dari National Geographic, Jumat (23/6/2017), temuan ini akan menjadi implan pertama soal perbaikan pada gendang telinga yang robek. Penciptaan implan gendang telinga memang tidak mudah.

Ruang telinga tengah (tempat gendang telinga) termasuk area yang sangat berbahaya, terutama bila ada penyakit. 

Misal, adanya banyak perubahan tekanan pada telinga akibat area yang sangat lembab. Oleh karena itu, bukanlah hal yang mudah untuk menciptakan implan yang akan efektif untuk jangka panjang.

Implan akan diletakkan di bawah gendang telinga yang robek, kemudian akan larut seiring berjalannya waktu. Cedera yang lebih parah mengharuskan perangkat ini tetap menyala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.