Sukses

Berpegangan Tangan dengan Pasangan Ampuh Redakan Nyeri

Peneliti menemukan, berpengangan tangan dengan pasangan mampu meredakan rasa nyeri.

Liputan6.com, Jakarta Berpegangan tangan dengan pasangan dapat memengaruhi Anda. Studi terbaru menemukan, ketika pasangan saling mencintai berpegangan tangan, maka detak jantung dan detak jantung mereka tersentuh dan perasaan nyeri mereda.

Temuan ini diteliti oleh para ilmuwan dari University of Colorado, Amerika Serikat.
Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Scientific Reports pada 12 Juni 2017. Peneliti Paul Goldstein membuktikan hal tersebut setelah istrinya melahirkan anak perempuan mereka.

"Istri saya kesakitan, yang bisa saya pikirkan hanyalah, 'Apa yang bisa saya lakukan untuk membantunya? Saya meraih tangannya dan sepertinya membantu," katanya, dikutip dari She Mazing, Jumat (23/6/2017).

Kemudian Paul menguji lebih rinci di laboratorium, bisakah berpegangan tangan dapat mengurangi atau menghilangkan rasa sakit? Ia melakukan penelitian pada 22 pasangan. Para wanita diminta duduk dalam jangka waktu lama sampai rasa nyeri di tangan muncul.

Ketika pasangan mereka menyentuhnya, detak jantung keduanya seolah menyatu dan rasa nyeri mereda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.