Sukses

Microsleep, Gangguan Tidur yang Mengancam Pemudik

Gangguan tidur microsleep sering terjadi saat mengemudi dan mengancam para pemudik yang harus menyetir selama berjam-jam.

Liputan6.com, Jakarta Waktunya mudik telah tiba. Dari ratusan ribu pemudik, banyak yang menggunakan kendaraan pribadi dan pilih pulang kampung dengan menyetir sendiri sampai tempat tujuan. Para pemudik yang mengemudi ini terancam mengalami microsleep.

Mengutip BBC, Kamis (22/6/2017), hampir setengah dari pengemudi pria mengakui pernah mengalami microsleep saat mengemudi. Apa itu microsleep?

Microsleep adalah suatu kondisi tidur ringan yang berlangsung selama 5-10 detik. Saat periode microsleep terjadi, otak tertidur secara tidak sadar atau otomatis. Hal ini sering terjadi pada situasi yang monoton, seperti mengemudi. Inilah sebabnya microsleep bisa mengancam para pemudik.

Ketika tiba-tiba terbangun, orang-orang yang mengalami microsleep biasanya tersadar dengan hentakan kepala.

"Kelopak mata Anda mulai menutup dan Anda mulai kehilangan kontak dengan realitas," ujar Profesor Jim Horne, direktur dari Loughborough University's Sleep Research Centre. "Anda akan tertidur selama beberapa detik, lalu terbangun sambil tersentak."

Sentakan yang mendadak inilah yang biasanya membuat orang-orang sadar mereka baru saja mengalami episode microsleep (walaupun kebanyakan orang tidak tahu istilah ini).

"Tidur harus berlangsung selama lebih dari satu menit untuk bisa diingat otak," ujar Profesor Horne yang mempelajari kelelahan yang dialami pengemudi selama 10 tahun. "Dengan microsleep, orang-orang akan merasa tidak sadar apakah mereka sebenarnya tidur atau terjaga."

Dari 1000 pengemudi yang diwawancarai oleh Brake, suatu lembaga yang mengawasi keamanan jalan raya, 45 persen pengemudi pria mengaku pernah mengalami microsleep, begitu juga dengan 22 persen pengemudi wanita. Apa sebabnya pemudik bisa mengalaminya? 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disebabkan Kelelahan

Microsleep disebabkan oleh kelelahan. Jika kehadirannya tidak segera diatasi, episode microsleep akan terjadi semakin sering dan berlangsung lebih lama. Sampai akhirnya Anda benar-benar tertidur.

Sentakan kepala di situasi yang berbahaya dan berisiko, seperti saat sedang mengemudi atau meeting, terkadang bisa mencegah episode lanjutan. Hal ini karena rasa kaget dan pemahaman atas apa yang terjadi memicu aliran adrenalin ke seluruh penjuru tubuh.

Pengemudi, terutama mereka yang mengemudi dalam waktu lama seperti saat mudik, jadi lebih rentan terhadap risiko microsleep. Ini karena mengemudi adalah kegiatan yang monoton.

Microsleep lebih rentan terjadi pada sore hari, saat kadar energi pada tubuh mengalami penurunan, dan pada malam hari saat jam Anda biasanya tidur.

Pengemudi yang masih berusia muda justru lebih berisiko mengalami microsleep karena orang muda secara umum membutuhkan jam tidur lebih panjang.

Diperkirakan, hampir 20 persen kecelakaan di jalan raya berhubungan dengan tidur, menurut Departemen Transportasi.

"Tidur tidak datang begitu saja. Anda tidak mungkin menyetir dalam keadaan benar-benar waspada dan sadar di satu menit, kemudian tertidur pulas di menit selanjutnya. Selalu ada waktu yang cukup untuk menyadari bahwa seberapa mengantuk Anda," ungkap Profesor Horne.

Sarannya, selalu cari tempat parkir yang aman, lalu minumlah minuman yang mengandung 150 mg kafein. Kafein baru akan memiliki efek setelah 20 menit, jadi Anda memiliki waktu 15 menit untuk tidur dan menyegarkan diri di lima menit setelahnya sebelum melanjutkan perjalanan mudik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.