Sukses

5 Kuliner Sehat Khas Jakarta yang Perlu Kamu Tahu

Ini dia lima kuliner sehat khas Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Dari beragam kuliner di Jakarta, rupanya makanan khas Jakarta banyak yang mengandung nutrisi. Biasanya kuliner ini bisa Anda temukan saat HUT Jakarta.

Kira-kira apa saja makanan tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima kuliner sehat khas Jakarta, Jumat (22/6/2017):

1. Asinan sayur

Jika orang bule punya makanan sehat seperti salad, ternyata warga Jakarta juga punya makanan serupa yang dikenal dengan asinan sayur khas Betawi.

Komposisi dalam asinan sayur ini tak lain ialah beragam sayuran segar nan sehat seperti kol, tauge, selada, wortel, dan timun yang diiris tipis-tipis. Lebih khasnya, menu ini juga dilengkapi dengan potongan tahu yang disiram dengan bumbu kacang yang dicampur cabai, air asam jawa, dan sedikit gula pasir.

Selain sayuran yang dapat dipastikan menyehatkan tubuh, tahu di dalam menu asinan ini juga memiliki kandungan isoflavon yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh. Seperti dikutip The Health Site, tahu juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik dalam pembuatan hemoglobin.

2. Manisan pepaya

Makanan khas Jakarta yang dijamin sehat lainnya ialah manisan pepaya. Makanan berbahan dasar pepaya ini biasanya disajikan dalam bentuk basah dan kering. Meski dalam proses pembuatan manisan ini, pepaya akan ditambahkan gula, tapi tidak akan melunturkan khasiat alami dari buahnya.

Pepaya yang kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi tak perlu takut menyantap menu khas Jakarta ini ya!

3. Kolang kaling

Makanan yang memiliki tekstur lembut dan kenyal ini memang tak ada tandingannya dan selalu dicari banyak orang. Tapi, tak semua orang tahu jika makanan khas Jakarta ini juga punya manfaat sehat untuk tubuh.

Kolang-kaling yang berasal dari biji pohon aren ini dapat membantu lancarkan sistem pencernaan karena kaya akan serat. Dikutip dari Vegetafruit, biji pohon aren yang memiliki nama latin arenga pinnata ini juga mengandung karbohidrat dan zat galaktomannan yang ada di dalam obat arthritis, untuk mengurangi rasa sakit pada persendian.

4. Es cincau hijau

Selain makanan, minuman khas Jakarta satu ini berasal dari tanaman rambat atau daun cincau ini memiliki serat baik yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Saat Anda memeras daun cincau, seketika ia akan mengeluarkan cairan seperti jelly yang berserat.

5. Bir pletok

Bir pletok terbuat dari berbagai rempah, kayu manis, kapulaga, lada hitam, yang direbus bersama air jahe yang sudah mendidih dan ditambah dengan kayu secang. Rempah asli Indonesia ini memiliki banyak manfaat sehat, salah satunya kayu manis yang dapat menurunkan kadar gula darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.