Sukses

Pemudik Bisa Manfaatkan Akses Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan

Ada aplikasi mudik kesehatan BPJS Kesehatan yang bisa dimanfaatkan pemudik dan masyarakat luas.

Liputan6.com, Jakarta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat inovasi baru berupa aplikasi mudik yang dapat diunduh gratis di Google Play Store. Aplikasi yang bernama Mudik BPJS Kesehatan baru saja dirilis pada 15 Juni 2017.

Aplikasi yang dirilis bertepatan dengan momen mudik Lebaran 2017 bertujuan memberikan kemudahan kepada pemudik agar memperoleh informasi yang akurat.

Pemudik bisa mendatangi posko pelayanan kesehatan terdekat bila ingin mampir untuk mengecek kesehatan.

Meski baru dirilis, aplikasi mudik BPJS Kesehatan tidak hanya ditujukan kepada pemudik, melainkan juga masyarakat luas dapat mengaksesnya secara bebas.

Aplikasi mudik BPJS Kesehatan bisa mengecek faskes setempat. (Printscreen Google Play Store)

"Untuk pemasangan aplikasi mudik ini, pengguna tidak memerlukan user ID. Setelah diunduh, pengguna bisa langsung mengakses. Misal, pengguna bisa mencari fasilitas kesehatan (faskes), dari klinik sampai rumah sakit terdekat bila ingin berobat," ungkap Deputi Direksi Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Regulasi BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arief usai meninjau posko pelayanan kesehatan mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (21/6/2017).

Cara kerja aplikasi mudik ini didukung Google Maps sehingga lokasi faskes dapat diketahui. Namun, aplikasi mudik BPJS Kesehatan ternyata tidak hanya dipergunakan saat mudik. Setelah mudik pun, pengguna bisa mengaksesnya.

Aplikasi mudik BPJS Kesehatan menawarkan informasi soal BPJS Kesehatan. (Printscreen Google Play Store)

"Tidak harus saat mudik saja diakses, setelah mudik bisa tetap digunakan. Di aplikasi, pengguna bisa melihat tips dan informasi soal BPJS Kesehatan. Ada juga layanan Tanya Jawab BPJS Kesehatan,"  tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.