Sukses

Waspada, Hipertensi Bisa Menyerang Pemudik yang Naik Kereta Api

Pemudik harus berhati-hati terhadap serangan hipertensi.

Liputan6.com, Jakarta Hipertensi (tekanan darah tinggi) berisiko besar menyerang pemudik, khususnya mereka yang naik kereta api dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Suasana arus mudik yang padat dapat memengaruhi kesehatan seseorang.

 

Stres yang dialami pemudik memicu terjadinya hipertensi.

Ditemui usai meninjau pos pelayanan kesehatan mudik di Stasiun Pasar Senen, Selasa (20/6/2017), Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menanggapi soal pemudik yang hipertensi.

"Hari ini ternyata ada pemudik yang mengalami hipertensi. Sebaiknya, kalau sudah tahu punya riwayat hipertensi ya minum obat. Obat tersebut menahan agar hipertensi tidak terlalu naik drastis," jelas Nila.

Selain minum obat, pemudik juga disarankan melakukan pemeriksaan tekanan darah sebelum berangkat mudik.

"Kalau pun tekanan darah pemudik tetap naik, petugas kesehatan bisa memberikan obat tambahan untuk menurunkan tekanan darah. Tapi obat ini tidak sembarangan diminum. Kebanyakan minum obat hipertensi akan membuat drop dan pingsan," ia menambahkan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.