Sukses

Yang Terjadi pada Tubuh Saat Telan Permen Karet

Permen karet memang lengket dan kalau menempel di rambut tak bisa hilang, apa jadinya kalau tertelan?

Liputan6.com, Jakarta Saat kecil dulu, ketika tidak sengaja menelan permen karet, tidak sedikit dari kita yang merasa panik. Berbagai mitos dan cerita beredar seputar bahayanya menelan permen karet.

Mulai dari baru akan keluar tujuh tahun kemudian, membuat usus lengket, sampai tidak akan bisa buang air besar lagi. Mitos tadi memang terdengar berlebihan, tapi cukup membuat penasaran. Sebenarnya apa sih yang terjadi dalam tubuh saat kita menelan permen karet?

Melansir Buzzfeed, Selasa (20/6/2017), yang berbicara dengan spesialis gastroenterologi, Dr Lisa Ganjhu, DO, seorang lektor kepala medis di NYU Langone Medical Center di New York City, untuk mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada sistem pencernaan ketika permen karet tertelan, serta apakah hal ini benar-benar berbahaya.

Menurut Dr Ganjhu, permen karet akan masuk ke dalam tubuh sama seperti semua makanan lainnya. Hanya, mereka tidak akan benar-benar tercerna.

"Sistem pencernaan kita sangat kuat. Jika mereka bisa mencerna steak, maka sistem ini juga bisa mencerna permen karet," ujar Dr Ganjhu. Jadi pergerakan gastrik yang kuat bersama dengan asam dan enzim tetap bisa menguraikan permen karet di perut.

Bedanya, dasar dari permen karet tidak akan benar-benar terurai secara total karena kandungan kimia di dalamnya. Kandungan di dalamnya tidak akan terserap ke dalam usus kecil seperti kebanyakan makanan lain, Dr Ganjhu menjelaskan.

"Begitu mereka masuk, permen karet akan keluar seperti makanan lainnya. Tidak ada rentang waktu yang spesifik karena motilitas sistem pencernaan setiap orang berbeda," ujarnya lagi.

Namun tetap saja, para ahli menyarankan untuk tidak menelan permen karet. Namun alasannya bukan karena tidak bisa dicerna.

"Permen karet benar-benar tidak memiliki nutrisi apa pun. Jadi kebanyakan ahli kesehatan akan menyarankan Anda untuk tidak menelannya," kata Dr Ganjhu.

Lagipula, tujuan permen karet dibuat adalah untuk menikmati rasanya sampai habis, kemudian dibuang. "Permen karet tidak akan membahayakan Anda, tapi tidak masuk akal kalau Anda sengaja menelannya," ia melanjutkan.

Anda juga benar-benar tidak boleh menelan permen karet dalam jumlah besar sekaligus. Mereka bisa tersangkut di pipa udara dan membuat Anda tersedak. Hal ini juga akan terjadi pada makanan lain yang ditelan dalam jumlah besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.