Sukses

Langkah Cegah Mabuk Perjalanan Selama Mudik Lebaran

Mabuk perjalanan bisa dialami siapa pun, berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak pilihan moda transportasi untuk mudik Lebaran, mulai dari naik kereta, bus, kapal laut, pesawat, hingga menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Tapi yang perlu diwaspadai adalah kondisi mabuk di perjalanan.

Individu bisa mengalami mabuk perjalanan ketika kondisi tubuh dan otak tak seimbang. Hal itu akan menimbulkan efek mabuk yang menyerang sistem saraf pusat, mata, telinga, hingga sendi dan otot tulang belakang.

Ahli bedah dari Head and Neck Institute, New York, Dr Sujana Chandrasekhar mengatakan, mabuk perjalanan terjadi akibat otak menafsirkan stimulus yang salah sehingga menyebabkan mual.

Mabuk perjalanan bisa dialami siapa pun, terutama individu usia dua hingga 12, wanita hamil, serta orang yang mudah migrain.

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau meredakan mabuk perjalanan, melansir laman Medicine Net, Senin (19/6/2017).

10 Cara Hindari Mabuk Perjalanan

1. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman Anda sebelum dan selama perjalanan. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan makan makanan yang tak tepat dan membuat perut terasa penuh. Makanan berat, kaya bumbu, atau berlemak hanya akan membuat mabuk perjalanan semakin parah.

2. Menghindari makanan berbau menyengat juga bisa mencegah mual.

3. Pilih tempat duduk yang memungkinkan Anda sedikit merasakan guncangan. Bila Anda bepergian dengan pesawat, pilihlah bagian tengah, dekat sayap. Itu merupakan area yang paling stabil dari guncangan. Jika naik kapal laut, pilih kabin bawah dekat bagian utama kapal.

4. Jangan duduk membelakangi arah perjalanan Anda.

5. Duduklah di bangku depan, samping supir jika naik mobil pribadi.

6. Hindari membaca buku atau selalu melihat pesan di ponsel jika Anda mudah mabuk perjalanan.

7. Ketika mudik dengan mobil atau kapal laut, menatap satu titik horizon bisa membantu mencegah mabuk laut.

8. Buka jendela agar udara segar bisa masuk.

9. Jauhkan diri Anda dari individu lain yang kemungkinan juga mengalami mabuk perjalanan. Mendengar orang lain berbicara tentang mabuk atau melihat mereka mabuk terkadang memicu perasaan yang sama pada Anda.

10. Obat mabuk yang umum ditemui di pasaran juga ampuh mencegah mabuk saat perjalanan mudik. Selain itu, Anda juga bisa minta resep dokter untuk mengatasi hal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.