Sukses

Kolesterol Melonjak Saat Lebaran Tidak Selalu karena Makanan

Apa saja penyebab melonjaknya kolesterol selama lebaran?

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan kolesterol tinggi sering kali dianjurkan untuk mengontrol makannya selama Lebaran. Tak lain karena makanan yang tersaji di Idul Fitri adalah pemicu naiknya kadar kolesterol.

Namun, Anda patut mengetahui bahwa naiknya kolesterol tak hanya semata-mata dari makanan yang Anda santap selama Lebaran.

Berikut penyebab lain dari naiknya kadar kolesterol Anda seperti disampaikan dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Pondok Indah, Franciscus Ari, dalam acara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Hari Raya, Kamis, 15 Juni 2017.

Obesitas

Penumpukan lemak di bawah kulit pada orang yang obesitas bisa sebabkan kolesterol muncul. Sebaiknya, orang yang obesitas harus segera memeriksakan diri kadar kolesterol.

Kurang aktivitas fisik

Jarang melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki dapat membuat penumpukan lemak. Hal ini karena kalori dan lemak yang terbakar minim.

dr Ari menyarankan, setidaknya jalan kaki walaupun hanya sebentar untuk membakar kalori.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Obat-obatan

Obat-obatan

Obat-obatan seperti steroid untuk merangsang pembentukan otot dan mengatasi peradangan ini ternyata punya efek samping. Konsumsi obat tersebut dalam jangka panjang dapat menyebabkan kolesterol naik.

Faktor genetik

dr Ari menceritakan, ada beberapa pasien yang punya kolesterol tinggi. Misal, nilai LDL (kolesterol jahat) 140. Padahal, kolesterol normal berada kurang dari 100.

"Karena pasien saya punya riwayat dari keluarganya kolesterol tinggi ya sulit menurunkan dan mengontrol angka kolesterolnya dibandingkan pasien yang tidak punya riwayat genetik," jelas dr Ari, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Pondok Indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini