Sukses

Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Makan Brokoli

Brokoli dianggap mampu memerangi diabetes tipe 2.

Liputan6.com, Amerika Serikat Orang dengan obesitas yang mengidap diabetes tipe 2 bisa makan brokoli untuk mengontrol penyakitnya. Senyawa pada brokoli, yang disebut sulforaphane dianggap efektif memerangi diabetes.

Hasil penelitian ini diterbitkan di jurnal Science Translational Medicine pada 14 Juni 2017.

Dalam penelitian tersebut, pemberian sulforaphane dalam bentuk ekstrak brokoli dapat mengendalikan kadar glukosa dan mengurangi produksinya. Kelebihan glukosa dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti kerusakan saraf dan kebutaan, menurut Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat. 

"Temuan ini sangat menarik dan membuka peluang kesempatan baru untuk pengobatan diabetes tipe 2," kata Anders Rosengren, asisten profesor di University of Gothenburg di Swedia, dikutip dari Live Science, Kamis (15/6/2017).

Saat ini pilihan pengobatan pada pengidap diabetes biasanya obat metformin. Tapi ada efek buruk yang terjadi karena konsumsi metformin.

Sekitar 15 persen pasien diabetes tipe 2  mengaku kinerja ginjalnya menurun.

Pasien juga mengalami peningkatan risiko peningkatan asam laktat yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan napas menjadi pendek, nyeri otot, dan kelelahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.