Sukses

Minum Susu 3 Gelas Setiap Hari Tak Bikin Gemuk

Berdasarkan hasil penelitian, minum susu murni sebanyak empat gelas dalam sehari pun tak bikin gemuk.

Liputan6.com, Jakarta Lemak yang terdapat di segelas susu tidak lantas menyebabkan badan jadi gemuk. Minum susu sebanyak empat gelas dalam sehari justru mencegah kita dari obesitas.

Ahli gizi yang juga dosen di jurusan gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, Dr Mardut MPS, menyebut anggapan susu bisa bikin gemuk sebagai mitos.

Pernyataan ini berdasarkan hasil dari sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 40 ribu responden. Masing-masing diberi empat gelas susu murni setiap hari, dan ada juga diberi cuma satu gelas.

Hasilnya, mereka yang minum empat gelas susu mengalami penurunan risiko obesitas sebesar 38 persen.

"Bukan susu yang bikin gemuk, melainkan makanan lain seperti gorengan atau makanan manis yang kita konsumsi secara berlebihan," kata dia dalam sebuah diskusi Manfaat Susu untuk Perkembangan Tahap Kehidupan yang Optimal, Rabu, 7 Juni 2017.

Gorengan pada proses pembuatannya menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali. Di saat menggoreng pun menggunakan api yang sangat panas. Sehingga, kata dia, gorengan yang kita makan berlebihan itu memiliki sifat karsinogenik.

Berbeda dengan susu yang meski berlemak, tapi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Lemaknya pun bukan lemak yang jahat.

Menurut Marudut, selama kita menyeimbangkannya dengan diet seimbang, minum susu dua sampai tiga gelas sehari dijamin tak akan bikin gemuk.

Harus diingat juga bahwa susu bukan makanan pengganti tapi untuk melengkapi zat gizi yang kita peroleh dari santapan sehari-hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.