Sukses

Ibu Baru, Ini Alasan Tubuh Amat Lelah di Pagi Hari

Kurang tidur menjadi masalah utama yang terjadi pada ibu baru yang membuatnya merasa lelah.

Liputan6.com, Jakarta Kurang tidur menjadi masalah utama yang terjadi pada ibu baru. Hal inilah yang membuat ibu kerap merasa lelah saat bangun di pagi hari.

Saat masih berumur enam bulan ke bawah, bayi masih sering terbangun tengah malam. Sehingga ibu harus bangun dan menenangkan bayi. Hal inilah yang membuat ibu lelah di pagi hari walau sudah tidur. Menurut studi yang dipublikasikan Sleep Medicine, tidur yang terganggu dampaknya sama seperti tidak tidur.

"Studi kami menunjukkan rasa lelah di pagi hari bukan karena gangguan satu malam, tapi akibat tumpukan gangguan tidur selama beberapa minggu atau bulan. Seperti kita tahu, di bulan-bulan pertama ibu harus bangun di tengah malam hingga 10 kali," kata penulis studi Profesor Avi Sadeh dari Tel Aviv University's School of Psychological Sciences, Israel.

Selain kurang tidur, faktor emosi turut membuat ibu baru merasa lelah. "Misalnya ibu baru sering merasa kesal atau marah kepada bayinya tapi kemudian mereka merasa bersalah akan perasaan negatif itu," kata Sadeh mengutip Parents, Rabu (7/6/2017).

Berbagi tugas dengan ayah dalam mengurus buah hati bisa menjadi solusi agar ibu baru tidak terlalu lelah. Misalnya bergantian bangun di malam hari ketika mengganti popok si buah hati. Kualitas tidur istri yang baik membuat lelah berkurang dan emosi jadi lebih stabil. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.