Sukses

6 Kebiasaan yang Bikin Waktu Tidur Berantakan

Demi memeroleh tidur berkualitas dan nyenyak, sebaiknya hilangkan kebiasaan tidur berbahaya ini.

Liputan6.com, Jakarta Durasi waktu tidur yang disarankan para ahli, yaitu minimal 8 jam. Tapi terkadang Anda tidak dapat memenuhi waktu tidur yang cukup karea beberapa alasan, seperti sibuk dengan pekerjaan.

Salah satu penyebabnya, Anda kemungkinan punya kebiasaan tidur yang buruk. Ditulis dari laman Qunki, Sabtu (3/6/2017), ada beberapa kebiasaan tidur berbahaya sehingga Anda tidak bisa memeroleh waktu tidur berkualitas.

1. Tidur di siang hari

Tidur siang di siang hari akan menyebabkan Anda menjadi kurang tidur di malam hari.

2. Memainkan ponsel dan laptop

Sebelum tidur, cobalah tidak memainkan ponsel atau laptop. Anda juga harus menghindari membawa barang-barang ini ke kamar tidur karena akan menyebabkan kurang tidur atau waktu tidur menjadi terlambat.

3. Jadwal makan malam yang tidak diatur

Makan pada malam hari, terlebih lagi larut malam dapat mengganggu pola tidur. Sebaiknya, atur jadwal makan malam dengan baik. Cobalah makan malam lebih awal, setidaknya 1-2 jam sebelum tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola tidur berantakan

4. Pola tidur berantakan

Jika Anda termasuk orang dengan pola tidur berantakan, yang tiap malam punya waktu berbeda untuk tidur. Sebaiknya, berhenti melakukan hal tersebut, atur pola tidur dengan tepat agar waktu tidur tercukupi.

5. Minum kopi sebelum tidur

Kopi mengandung banyak kafein. Jika Anda minum kopi sebelum tidur, maka membuat Anda tetap terjaga. Kafein memberikan energi pada tubuh, yang membuat Anda terjaga sehingga waktu tidur tidak terjadwal baik.

6. Posisi tidur yang salah

Posisi tidur yang salah dapat membuat tidur tidak nyenyak. Cobalah memilih dan menetapkan posisi tidur yang tepat dan paling sesuai untuk Anda sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.