Sukses

Saran Survivor untuk Anda yang Baru Saja Divonis Kanker Payudara

Seorang perawat yang juga survivor kanker payudara memberi saran yang perlu dilakukan saat didiagnosis penyakit ini.

Liputan6.com, Jakarta Aktris film Yana Zein meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker payudara. Zein tidak sendirian, ada banyak orang yang juga berjuang melawan kanker di tubuhnya.

Ketika divonis kanker payudara, itu merupakan masa berat bagi seorang perempuan. Ada banyak pikiran berkecamuk mulai dari dampak, pengobatan, hingga biaya yang nanti dikeluarkan.

Seorang perawat dari Alabama, Amerika Serikat, Sandy Cross juga pernah mengidap kanker payudara. Sandy memberikan saran kepada wanita yang baru didiagnosis kanker payudara agar mantap menjalani hidup dan pengobatan. Berikut langkah yang bisa diambil ketika didiagnosis kanker payudara seperti mengutip Prevention, Kamis (1/6/2017).

1. Ambil langkah mundur selangkah

"Penting bagi pasien kanker payudara yang baru didiagnosis untuk mengambil waktu dan merenungkan apa yang terjadi padanya, kata Sandy.

Sandy pun menyarankan untuk mencari tahu informasi yang tepat mengenai pengobatan akan kasus kanker payudara yang dialami. Semakin mempelajari diagnosis yang dokter berikan, semakin banyak belajar dan makin kuat menghadapi hal tersebut.

2. Buat tim dukungan personal

"Buat sebuah tim dari keluarga atau teman dekat yang bisa diandalkan dalam mendukung pengobatan dan emosi pasien kanker payudara," kata Sandy.

Bila orang tersebut bersedia, beritahu dan arahkan bantuan apa saja yang dikerjakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memilih dokter secara saksama

3. Memilih dokter secara saksama

"Pastikan melakukan riset kecil sebelum memilih rumah sakit dan dokter yang akan menangani," kata Sandy.

4. Buat rencana jangka panjang

Sebagian besar pasien kanker payudara bisa bertahan hidup. Sehingga tak ada salahnya selain merencanakan pengobatan, pikirkan juga aktivitas sesudah pengobatan.

5. Tetap berpikiran positif

"Perspektif seseorang berperan terhadap kondisi pasien kanker payudara. Jadi, jaga agar pikiran tetap positif. Dan hal ini harus di nomor pertama," sarannya.

Sandy tahu betul tak mudah untuk berpikiran positif saat didiagnosis kanker payudara. Namun, yakin dan percaya ada hal indah nanti di depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.