Sukses

Tanyakan 10 Hal Ini pada Pasangan Sebelum Menikah

Berikut beberapa hal yang mesti Anda tanyakan kepada pasangan sebelum menikah.

Liputan6.com, Jakarta Pertimbangan untuk hidup bersama setelah menikah memang bukan hal yang mudah. Beberapa hal setidaknya perlu dibicarakan sebelum membina rumah tangga.

Seperti disampaikan pakar hubungan dan kolumnis di DearWendy.com, Wendy Atterberry, ada 10 hal yang penting didiskusikan sebelum menikah, seperti dilansir Huffingtonpost, Jumat (26/5/2017):

1. Hutang

Siapa yang punya hutang dan bagaimana membayarnya?

2. Anak

Berapa banyak anak yang diinginkan pasangan? Apakah Anda cukup yakin untuk keputusan itu? Serta apa yang dilakukan jika Anda tidak ingin memiliki banyak anak? Apakah dia terbuka untuk melakukan adopsi jika Anda tidak dapat hamil secara alami? 

3. Tempat tinggal

Tempat tinggal setelah menikah juga perlu menjadi pertimbangan. Apakah tinggal bersama orangtua atau mertua, atau tinggal sendiri di lokasi tertentu. Pertimbangkan untuk tinggal di tempat yang dekat dengan keluarga atau sekolah yang baik untuk anak. 

4. Agama

Bagaimana agama atau kepercayaan mempengaruhi gaya hidup Anda? Jika Anda berencana untuk memiliki anak, bagaimana membesarkan mereka dengan keyakinan tertentu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekening bank

 

5. Rekening bank

Maukah dia berbagi rekening bank? Apakah Anda akan masing-masing menyimpan tabungan? Kemudian tagihan dibayar oleh rekening siapa? Apakah Anda memiliki dana darurat? 

6. Pembagian kerja rumah tangga

Bernegosiasi tidak akan menyelesaikan masalah pekerjaan rumah tangga. Untuk itu, hal seperti ini harus dibicarakan dengan pasangan. Setidaknya pasangan memiliki kesadaran diri untuk membersihkan sampah saat Anda mencuci piring.

7. Keluarga

Menata waktu untuk tetap seimbang menjalin komunikasi antar keluarga juga perlu dipertimbangkan. Seperti misalnya berapa banyak waktu yang Anda habiskan bersama keluarga sekarang, berapa banyak yang Anda harapkan untuk bersama mereka? Apakah Anda tipe orang yang suka berlibur bersama keluarga Anda, dan jika ya, seberapa sering? 

8. Liburan

Selain berlibur dengan keluarga besar, Anda dan pasangan perlu mendiskusikan jenis liburan lain yang tidak Anda sukai atau yang tidak Anda sukai. 

9. Karir

Bagaimana komitmen masing-masing untuk karir? Apakah Anda hidup untuk bekerja atau bekerja untuk hidup? Bagaimana karir Anda masing-masing akan mempengaruhi kehidupan keluarga? 

10. TV di kamar tidur: Ya atau Tidak?

Tidak ada jawaban yang benar atau salah, tapi hal ini bisa saja bertentangan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.