Sukses

Roger Moore, Bintang James Bond Pengidap Kanker Prostat

Salah satu pemeran James Bond, Roger Moore, meninggal dunia karena kanker.

Liputan6.com, Jakarta Aktor pemeran James Bond, Roger Moore, meninggal dunia pada Selasa, 23 Mei 2017. Pihak keluarga menyatakan bahwa pria 89 tahun ini mengembuskan napas terakhir setelah "berperang" melawan kanker di Swiss.

Pihak keluarga tak menyebutkan lebih lanjut jenis kanker yang menyerang pria yang mendapat gelar kebangsawanan dari Kerajaan Inggris ini. Bila kilas balik sejenak, Moore pernah mengidap kanker prostat di 1993.

Roger Moore di lokasi syuting film James Bond pada tahun 1972.

Moore pernah mengungkapkan dalam sebuah kesempatan, dirinya tidak merasakan gejala kanker prostat yang mendera. Moore hanya merasakan sering ingin buang air kecil, tapi susah mengeluarkannya seperti mengutip laman Express, Rabu (24/5/2017).

Usai diagnosis ditegakkan, Moore pun menjalani operasi pengangkatan prostat. Sehingga diharapkan tak ada lagi sel-sel kanker di tubuhnya.

Kanker prostat merupakan jenis kanker paling umum nomor dua berdasarkan catatan WHO. Ada sekitar 1,1 juta laki-laki dari berbagai penjuru dunia yang didiagnosis menderita kanker prostat pada 2012. Dari semuanya, lebih dari 300 ribu meninggal dunia. Di Indonesia, jumlahnya pun cukup mengkhawatirkan, yakni 13.600 kasus dengan 9.191 angka meninggal dunia.

Gejala kanker prostat pun tidak begitu terasa seperti yang diungkapkan Moore. Pada kebanyakan kasus, kanker prostat tidak memiliki tanda apa pun, ujar Randy Wexler, MD, seorang profesor asosiasi bidang kesehatan keluarga di The Ohio State University Wexner Medical Center, seperti mengutip Prevention

Pada kanker prostat stadium lanjut akan menyebabkan kesulitan buang air kecil, munculnya darah di urin, masalah ereksi, atau merasakan nyeri pada pinggul, punggung, dan dada (bila sudah sel kanker sudah menyebar ke tulang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini