Sukses

Dokter Bocorkan Cara Aman Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Sekarang Anda tak perlu takut gemuk karena menyantap makanan enak yang selama ini identik dengan tinggi lemak, garam, dan manis

Liputan6.com, Jakarta Makanan enak identik dengan makanan kaya lemak, tinggi garam, rasa yang manis, dan diproses dengan waktu yang cukup lama. Risiko berat badan naik (gemuk) yang bisa berdampak pada obesitas akan membayangi.

Namun, semua ketakutan itu tidak akan terjadi apabila Anda tahu tip dan triknya. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari situs Klik Dokter, Vito A Damay, membocorkan cara aman makan enak tanpa takut gemuk.

1. Makan selayaknya kaum bangsawan

"Tidak perlu mengambil makanan banyak-banyak. Ambil sedikit, lalu nikmati makanan itu sambil bercengkrama dengan teman di meja makan," kata dia.

Sebaiknya makanlah sebelum Anda terlalu lapar. Isilah perut dengan camilan sehat terlebih dulu. Sedikit buah, baru makan besar.

"Berhentilah makan sebelum kenyang," kata Vito.

2. Nikmati setiap kunyahan

Nikmatilah suap demi suap makanan yang masuk ke mulut. Jangan biarkan rasa lezat itu berkurang banyak.

Dia menyarankan untuk mencicipi semua makanan yang terhidang. Ingat, mencicipi, bukan menghabiskan semua makanan dalam porsi yang besar.

3. Awali dan tutup dengan air putih

Sebab, lambung akan terganggu dan mengirim sinyal kenyang ke otak. Cara ini efektif mencegah makanan berlebihan yang menyebabkan Anda gemuk.

5. Meski enak, tahan untuk tambah

Sebaiknya istirahat sejenak dengan minum air putih. Lambung perlu waktu untuk mencerna dan menampung makanan yang baru saja Anda santap.

"Ketika lambung sudah terasa penuh, Anda tidak akan terasa lapar. Keinginan menambah makanan pun menurun," kata dia

Demikian cara aman makan makanan enak tanpa takut gemuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.