Sukses

Dari Sisi Psikologis, Bicara Sendiri Ada Manfaatnya

Daniel Swingley profesor dari departemen psikologi di University of Pennsylvania mengatakan bicara dengan diri sendiri baik untuk otak.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda tahu karakter Gollum dalam film trilogi Lord of the Rings, Anda akan menganggapnya seperti orang gila karena selalu bicara sendiri. Namun, bicara sendiri miliki manfaat baik untuk psikologis Anda.

Melansir Mother Nature Network, Senin (22/5/2017) berbicara kepada diri sendiri bisa bantu meningkatkan perspektif baru terhadap suatu hal yang sedang dialami. Bahkan beberapa penelitian menemukan hal ini kerap kali terjadi pada psikologis orang-orang jenius.

Dalam sebuah abstraknya, Daniel Swingley profesor dari departemen psikologi di University of Pennsylvania, menjelaskan, interaksi dengan diri sendiri mampu membantu seseorang memanggil ingatan dengan baik.

Sependapat dengan Swingley, seorang psikolog dari Bangor University, Palomi Mari-Beffa mengatakan, bicara dengan diri sendiri dapat meningkatkan kontrol seseorang terhadap pekerjaannya. Dia banyak menemukan hal ini di diri para atlet, sebelum mereka memulai pertandingannya.

"Terutama pemain tenis yang sering berbicara kepada diri mereka sendiri selama kompetisi dan berbuah hasil pada poin dalam pertandingannya," tulis Palomi.

Selain itu dari sisi psikologis, kebiasaan bicara sendiri dapat meredakan stres, amarah, hingga mendorong kepercayaan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.