3 Hal yang Diam-Diam Sering Ditanyakan Wanita Usai Melahirkan

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 20 Mei 2017, 06:48 WIB
Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melahirkan, terlebih lagi kelahiran anak pertama. Para ibu baru membutuhkan wawasan dan cara untuk merawat bayi. Mereka pun kerap mendapatkan bantuan merawat bayi dari keluarga dan saudara terdekat.

Namun, tak hanya mengandalkan pengalaman dari orang terdekat saja. Rupanya banyak ibu baru yang diam-diam mencari jawaban atas pertanyaan seputar merawat bayi masa-masa menyusui pasca melahirkan.

1. Berapa banyak kalori yang dihabiskan untuk menyusui?

Tubuh Anda bekerja penuh untuk menghasilkan ASI. Proses ini akan membakar kalori ibu untuk mempertahankan bayi tetap selamat dan bertahan setelah melahirkan.

Dari beberapa survei, tiap 29 ml ASI mengandung 20 kalori. Bila ibu baru memompa 591 ml per hari, Anda mengeluarkan 400 kalori tambahan untuk memberi bayi ASI, sesuai dikutip dari Self, Sabtu (20/5/2017).

Jika Anda memompa ASI sebesar 887 ml, maka kalori yang dikeluarkan sebesar 600 kalori

2. Berapa banyak kegel yang dilakukan setelah persalinan?

Kegel--olahraga untuk memulihkan area vagina setelah persalinan--yang memperkuat otot dinding vagina tergantung kebutuhan Anda pasca melahirkan. Anda bisa melakukan kegel sebanyak tiga set latihan.

3. Berapa banyak alkohol yang bisa diminum saat masa menyusui?

Ketika Anda sedang menyusui, alkohol dapat meresap ke dalam ASI. Selama 4 jam setelah ibu menyusui minum minuman beralkohol seperti anggur.

Bayi yang menyusui akan mengonsumsi sekitar 20 persen lebih sedikit alkohol yang terkandung pada ASI. Sementara itu, menurut perawat, apa yang ibu minum dapat ikut dirasakan oleh si kecil yang minum ASI. 

Jika ibu minum segelas alkohol yang mampu membuat ibu mabuk, maka bayi juga akan merasakan hal yang sama dirasakan ibu.

Tag Terkait