Sukses

Menopang Dagu Picu Tumbuhnya Jerawat

Kebiasaan menopang dagu dan memelihara kuku bisa sebabkan wajah Anda berjerawat.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan menopang dagu rupanya termasuk pemicu tumbuhnya jerawat di wajah. Menurut pakar kecantikan dan anti-penuaan, Olivia Ong, dipl, AAAM, tangan merupakan sumber bakteri terbanyak dibandingkan anggota tubuh lainnya.

Efeknya akan lebih terasa pada tipe kulit yang sensitif. Tangan yang tidak steril saat menyentuh wajah, akan membuat bakteri lebih mudah masuk ke dalam pori-pori dan berkembang biak menjadi komedo hingga jerawat.

"Kalau gampang jerawatan itu juga jangan piara kuku, karena gatal, kukunya nanti pegang-pegang muka. Bukannya makin bersih malah merembet," kata Oliva kepada Health-Liputan6.com, ditulis Jumat (19/5/2017).

Meski komedo dan jerawat bisa dihindari 100 persen, tapi dengan menjaga kebersihan wajah setiap hari bisa menurunkan pertumbuhan jerawat di wajah.

Terpenting, ucap Olivia, mencuci muka setidaknya dua kali sehari dengan cara yang tepat.

"Untuk kulit berjerawat double cleanser deh, dengan susu pembersih dulu, cuci muka dengan sabun, dan diakhiri dengan toner," saran Olivia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini