Sukses

Bacakan Buku Sejak Bayi Usia 6 Bulan, Hasilnya Bakal Luar Biasa

Studi mengungkapkan orangtua yang rajin membacakan buku untuk anak sejak dini mampu memicu kemampuan kosa kata dan membaca lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Saat anak (bayi)masih berusia enam bulan, mulai bacakan buku. Studi mengungkapkan, membacakan buku untuk anak sejak dini memicu peningkatan kosakata dan kemampuan membaca lebih cepat sebelum mereka masuk sekolah.

Fakta menarik ini diketahui setelah peneliti memonitor 250 ibu dan bayi (balita) berusia empat tahun. Peneliti menganalisis kebiasaan orangtua dalam membacakan buku serta kemampuan membaca anak. 

Hasilnya, orangtua yang sedari dini membacakan buku kepada anak, kemampuan literasi dan membaca lebih baik dibandingkan dengan mereka dibacakan buku orangtuanya saat sudah berusia di atas enam bulan.

"Temuan ini menarik dan bisa disarankan kepada orangtua untuk membacakan buku saat anak masih bayi. Efek kemampuan membaca dan berbahasa jadi lebih baik," kata penulis utama dari Departemen Pediatri New York University, Amerika Serikat.

Jadi, apa yang anak dengarkan saat masih bayi memiliki efek sampai empat tahun ke depan. Sehingga saat masuk Taman Kanak-kanak, kemampuan berbahasa dan membaca anak lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini