8 Trik Atasi Lapar Saat Jalani Diet Turun Berat Badan

Oleh Benedikta Desideria pada 19 Mei 2017, 11:30 WIB
diet berat badan

Liputan6.com, Jakarta Saat menjalani program diet penurunan berat badan, banyak orang tak kuat menahan lapar. Rasa-rasanya mudah sekali perut terasa lapar. Faktor ini sering membuat orang jadi menyerah melakukan program penurunan berat badan.

Eitss... jangan menyerah dulu. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar saat menjalani diet penurunan berat badan tidak mudah merasa lapar. Berikut delapan trik yang bisa dijajal seperti mengutip Pop Sugar, Jumat (18/5/2017).

1. Makan secukupnya

Sebelum menjalani program penurunan berat badan idealnya sudah berkonsultasi dengan ahli nutrisi. Pakar nutrisi akan membantu menghitung batas asupan kalori yang diinginkan. Pada dasarnya, asupan makanan tidak boleh lebih dari 1.200 kalori per hari.

Agar tidak lapar, pastikan setiap kali makan mengonsumsi sekitar 300-400 kalori. Lalu 150 kalori untuk asupan camilan.

2. Perpaduan protein, karbohidrat, dan lemak

Saat makan pastikan di dalamnya mengandung protein untuk memuaskan lapar, karbohidrat sebagai sumber energi, dan lemak untuk membantu merasa kenyang lebih lama. Tak lupa sayur dan buah di dalamnya.

3. Jangan terlalu ketat

Tidak boleh karbohidrat, gula, roti dan seabrek aturan lain kerap diterapkan banyak orang yang sedang menurunkan berat badan. Namun menurut pakar nutrisi Leslie Langevin, kesalahan yang banyak dilakukan saat menurunkan berat badan adalah memangkas sesuatu terlalu banyak.

"Jika diet terlalu ketat, hal itu tidak akan berlangsung dalam waktu lama," katanya.

4. Jangan lupa minum air

Pastikan untuk minum air secukupnya. Mulai dari minum sebelum makan, sesudah makan dan di sela-sela beraktivitas. Jika air terasa membosankan, Anda bisa menambahkan potongan buah seperti strawberi, irisan lemon, atau mentimun ke dalamnya.

1 of 2

Makan perlahan

5. Asupan serat

Pastikan setiap hari mengonsumsi paling tidak 25 gram serat setiap hari. Serat tidak hanya mencegah sembelit tapi juga kenyang lebih lama.

6. Makan perlahan

Konsumsi secara perlahan sehingga otak bisa mengetahui otak sudah penuh atau belum. Leslie mengatakan paling tidak beri jeda waktu 10 menit di tengah-tengah makan untuk memastikan sudah kenyang atau belum.

7. Batasi gula

Saat mengonsumsi gula, itu membuat ingin lagi dan lagi. Sehingga saat lapar sebaiknya kurangi asupan gula.

8. Cukup tidur

Tidur mempengaruhi leptin, yakni hormon yang mengatur lapar, sehingga ketika tidak cukup tidur bisa meningkatkan rasa lapar. Pastikan setiap hari tidur cukup tujuh sampai delapan jam setiap hari.

 

Lanjutkan Membaca ↓