Pria, Ketahui Strategi Ini Jika Ingin Gondrong

Oleh Nilam Suri pada 19 Mei 2017, 08:24 WIB
rambut gondrong

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, pria berambut gondrong kembali menjadi tren. Berbeda dengan gaya rocker di tahun 90-an, pria milenial yang gondrong memastikan penampilan mereka tetap terlihat bersih dan stylish.

Untuk mendapatkan rambut gondrong, bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan waktu, pria juga harus memastikan rambutnya berada dalam kondisi yang sehat. Sehingga akan bagus ketika akhirnya dipanjangkan.

Sebelum rambut pria akhirnya panjang pun, akan ada saat dimana panjang rambutnya terlihat tanggung. Masa-masa inilah yang paling mengganggu, karena panjang rambut yang tanggung membuat penampilan pria jadi canggung.

Melansir Men's Health, jumat (19/5/2017), ada beberapa strategi yang harus dilakukan oleh pria yang ingin gondrong. Sebagai berikut:

1. Tahu gaya yang diinginkan

Sebelum memanjangkan rambut, ketahui dulu hasil seperti apa yang Anda tuju. Walaupun rambut tumbuh dalam waktu yang lama, bukan berarti bisa didiamkan begitu saja.

"Aku banyak menemui pria yang ingin gondrong tapi ketika ditanya, 'sepanjang apa?' mereka tidak bisa menjawabnya," ujar Daniel Alfonso, penata rambut sekaligus pemilik dari Daniel Alfonso Men's Salon di Los Angeles.

Sarannya, cobalah untuk membayangkan sosok selebriti yang model rambutnya Anda inginkan. Pilih yang bentuk wajahnya mirip dengan Anda.

"Ada gaya yang mungkin Anda inginkan, tapi tidak akan cocok karena jenis rambut atau bentuk muka yang tidak mendukung," ujar Alfonso. "Cari tahu tipe rambut Anda."

1 of 3

2. Panjang di atas, pendek di samping

Harry Styles
Rambut gondrong seperti Harry Styles.

Memanjangkan rambut bukan berarti berhenti mengunjungi tukang pangkas. Tetap memangkas rambut secara rutin adalah trik untuk mendapatkan penampilan yang diinginkan.

Solusinya adalah dengan memotong bagian bawah atau samping (undercut). Anda menjaga bagian samping dan bawah kepala tetap rapi, sambil memanjang rambut bagian atas.

"Sambil memanjangkan rambut, Anda tetap harus memiliki potongan rambut yang bagus," kata Alfonso. "Aku menumbuhkan rambut bagian atasku sampai sangat panjang, sampai menyentuh dagu. Sedangkan di bagian samping panjangnya hanya sekitar 5 cm. Tetap saja rambutku terlihat panjang ketika dibiarkan (tidak diikat)."

Dari situ, dia akan memotong rambut atasnya dan menunggu bagian samping untuk mencapai panjang yang sama. Akhirnya semua rambutnya akan sama panjang tanpa harus melewati fase yang canggung.

2 of 3

3. Memanfaatkan panjang rambut

Brad Pitt
Rambut gondrong seperti Brad Pitt

Pilihan lain, manfaatkan panjang rambut saat berada di fase "di antara" untuk bereksperimen dengan berbagai gaya.

"Anda hanya perlu bersenang-senang di fase itu," ujar Alfonso. "Cobalah untuk menyisirnya ke belakang menggunakan minyak rambut seperti Al Pacino. Lalu setelah lebih panjang, coba gaya ala Brad Pitt. Lalu Johnny Depp. Lalu gaya bintang rock 80-an, kemudian 90-an, yaitu ketika rambut Anda benar-benar panjang sampai bikin orang heran."

Atau, Anda bisa mengikatnya. Setelah lebih panjang, Anda bisa membuntalnya menjadi sanggul kecil yang terkenal dengan nama man bun. Percaya atau tidak, setelah Jared Leto melakukannya, gaya rambut ini membuat pria yang melakukannya digilai wanita.

 

Lanjutkan Membaca ↓