Sukses

Setelah Melahirkan, Ukuran Kaki Wanita Lebih Besar

Ukuran kaki yang lebih panjang dan besar ini hanya terjadi sesudah melahirkan anak pertama.

Liputan6.com, Jakarta Saat hamil, sebagian wanita mengalami perubahan pada kaki, yang menjadi lebih besar. Rupanya ukuran kaki wanita setelah melahirkan memang berubah alias lebih besar atau panjang dibandingkan sebelum hamil seperti terungkap dalam studi di Amerika Serikat.

Usai melahirkan, sekitar 60-70 persen ukuran kaki wanita jadi lebih panjang dibanding sebelum hamil. Dari 49 wanita yang dianalisis ukuran panjang dan tinggi lengkungan kaki saat hamil dan lima bulan sesudah melahirkan, rata-rata terjadi penambahan panjang kaki sekitar 2-10 milimeter seperti tertuang dalam studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation ini. 

Perubahan ukuran kaki ini sampai-sampai membuat 11 dari 49 wanita yang terlibat dalam studi yang dilakukan peneliti mengganti ukuran sepatunya seperti mengutip Live Science, Kamis (18/5/2017).

Perubahan pada ukuran kaki yang lebih panjang dari sebelum hamil rupanya hanya berlaku pada kehamilan pertama. Sesudah melahirkan anak kedua dan ketiga para partisipan tidak merasakan perubahan.

"Fakta ini menunjukkan, hamil pertama yang berdampak besar pada perubahan ukuran kaki wanita. Namun diperlukan studi lebih besar untuk memastikan hal ini," kata peneliti yang juga profesor di bidang ortopedi dari University of Iowa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini