Ternyata Suhu Pengaruhi Munculnya Komedo Wajah

Oleh Bella Jufita Putri pada 18 Mei 2017, 16:00 WIB
komedo

Liputan6.com, Jakarta Dokter Olivia Ong, dipl, AAAM, pakar kecantikan dan antipenuaan dari Jakarta Aesthetic Clinic, menjelaskan, munculnya komedo tidak hanya di area hidung saja. Sebab, tiap pori-pori di wajah memiliki kelenjar minyak yang terus berproduksi.

Ditambah, pada suhu panas kelenjar minyak akan berproduksi lebih banyak sehingga komedo akan lebih mudah muncul di pori-pori wajah.

"Kelenjar minyak di siang hari jadi lebih banyak, apalagi di Indonesia ini kan di tengah garis khatulistiwa akhirnya orang kita bermasalah banget sama komedo dan jerawat," ujar Olivia saat ditemui Health-Liputan6.com, Kamis (18/5/2017).

Suhu panas akan membuka pori-pori lebih lebar dan pada kondisi ini permukaan kulit akan berubah jadi lebih lengket, sehingga kotoran lebih mudah menempel dan mengendap di dalam pori-pori.

"Makin siang makin banyak kotoran yang mengendap dan kelamaan kotoran jadi mengental, bau, mengeras, lama-lama jadi bintil-bintil komedo, deh," kata Olivia.

Rutin membersihkan wajah dengan susu pembersih (milk cleanser) dan cairan penyegar (toner) ditambah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Olivia juga mengingatkan untuk tidak memencet komedo dan memegang wajah dalam keadaan tangan tidak steril.