6 Bahan Dapur Ini Efektif untuk Obati Sariawan

Oleh Fitri Syarifah pada 18 Mei 2017, 11:30 WIB
Sariawan

Liputan6.com, Jakarta Sariawan bisa jadi membuat tidak nyaman. Penyebabnya bisa jadi karena kurang menjaga kebersihan mulut dan kekurangan vitamin B1, B2, B6 dan B12 dan asam folat.

Meski sariawan akan sembuh dengan sendirinya, ada cara untuk membantu mempercepat penyembuhan dengan bahan alami di dapur. Berikut ulasannya, seperti dilansir Boldsky, Kamis (18/5/2017).

1. Baking Soda

Baking soda dapat membantu membunuh bakteri serta mengobati sariawan. Anda bisa menggunakan satu sendok teh baking soda yang dicampur setengah cangkir air. Pastikan untuk mencampurnya dengan baik. Cobalah berkumur dan kemudian membuangnya. Ulangi dua kali dalam sehari.

2. Daun kemangi (tulsi)

Mengunyah daun kemangi tiga sampai empat kali sehari juga bisa mengobati sariawan.

3. Madu

Madu dikenal karena sifat antibakterinya karena mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Anda hanya perlu mengoleskan madu di permukaan sariawan yang telah dicampur bersama dengan 1 sdm amla bubuk. 

4. Chamomile

Chamomile memiliki sifat antiseptik yang bisa digunakan untuk mencuci mulut karena mencegah sariawan. Ambil segenggam bunga chamomile dan cobalah untuk menempatkannya di air. Pastikan menggunakan ini sebagai obat kumur dua kali sehari. 

5. Teh

Anda bisa meletakkan kantong teh basah di atas permukaan sariawan. Teh hitam mengandung tanin yang memiliki kekuatan untuk menghilangkan rasa sakit.

6. Daun ketumbar

Ambil segenggam daun ketumbar dan pastikan untuk melumatkannya dengan benar. Setelah itu, oleskan secara merata pada sariawan.