Sukses

5 Rahasia Orangtua Membesarkan Anak dengan Baik

Untuk bisa membesarkan anak dengan baik, ada lima cara yang bisa dilakukan orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orangtua berharap, buah hatinya tumbuh menjadi anak yang baik. Untuk mencapai hal tersebut, ada tantangan untuk membesarkan anak. Sebagai orangtua, Anda mungkin bertanya, apakah cara mengajari anak termasuk benar.

Berikut ini, ada beberapa rahasia untuk orangtua, bagaimana cara membesarkan anak dengan baik.

Ajari anak untuk empati

Ajari anak untuk empati. Cara ini efektif mengajarkan anak untuk menghargai perasaan orang lain, menurut yang ditulis The Health Site, Rabu (17/5/2017).

Ajari rasa bersyukur

Bersyukurlah atas hal-hal kecil dalam hidup. Rasa bersyukur dapat membuat hidup nyaman. Biasakan ucapkan rasa syukur tiap malam dengan anak dan tanyakan kepadanya soal hal-hal yang ia syukuri.

Biarkan ia mengungkapkan perasaannya

Biarkan anak mengekspresikan semua perasaannya, baik perasaan negatif, seperti amarah. Jangan menegur anak atau memarahinya karena mengalami perasaan tersebut.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengajarkan anak cara mengelola perasaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu terbuka

Komunikasi amat penting dalam mengasuh anak. Kuncinya, ajarkan sesuatu secara terbuka. Selain itu, kenali perilaku baik anak dan hargai ia saat melakukan sesuatu yang baik.

Baca buku-buku tentang kebaikan hati

Anda bisa membacakan buku kepada anak tentang kebaikan hati. Misal, buku dongeng atau buku yang mengajarkan anak tentang memberi dan menerima kebaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.