Sukses

Kesepian Bisa Bikin Tekanan Darah Tinggi

Bukan hanya pola diet saja yang bisa mempengaruhi kenaikan tekanan darah atau hipertensi, bahkan kesepian juga menyebabkan hipertensi naik.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya pola diet atau olahraga saja yang pengaruhi naiknya tekanan darah atau hipertensi seseorang. Sebuah studi menemukan, kesepian juga mempengaruhi tekanan darah Anda.

Studi yang dilakukan oleh University of Chicago, selama lima tahun ini menemukan korelasi kesepian dengan hipertensi. Menurut studi orang-orang berusia 50 ke atas yang menghabiskan waktu sendiri di rumah memiliki peningkatan tekanan darah dua kali lipat, dibandingkan mereka yang bersosialisasi dengan teman-temannya.

"Bila Anda memiliki teman dekat dan mendapatkan dukungan sosial, Anda cenderung menjalani hidup dengan santai tanpa beban sehingga tekanan darah akan terus stabil," ujar Irene S. Levine, Ph.D., profesor psikiatri di NYU.

Melansir laman Huffington Post, Rabu (17/5/2017) selain kesepian, mendengkur juga dapat mempengaruhi tekanan darah seseorang. Menurut National Sleep Foundation, saat pernapasan terganggu maka tingkat oksigen di tubuh akan turun.

Pada kondisi tersebut sistem saraf ikut meningkatkan aliran oksigen ke jantung dan otak, sehingga mengencangkan pembuluh darah dan menyebabkan hipertensi.

"Menurunnya kualitas tidur juga dapat memicu pelepasan hormon stres dan meningkatkan detak jantung sampai meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi," tulis National Sleep Foundation.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.