Sukses

Warna Lidah Berubah Putih Tanda Masalah Kesehatan Serius?

Warna lidah bisa memberi sinyal tentang kondisi kesehatan tubuh, perhatikan perubahannya.

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia medis, warna lidah bisa menunjukkan kesehatan Anda. Lidah yang normal berwarna merah muda. Namun, kalau lidah Anda tiba-tiba berubah jadi putih, kemungkinan besar ada plak bersarang di situ.

Menurut Profesor Kedokteran Gigi Klinis di UCLA School of Dentistry AS, Fariba Younai, lidah secara alami membersihkan dirinya sendiri dan memperbaharui sel-sel di permukaan. Cara ini bertujuan menyingkirkan bakteri dan sel-sel yang mati.

Ketika Anda melihat lidah berubah warna jadi putih, ada beberapa penyebab.

"Kondisi ini bisa terjadi karena usia, mulut kering, dan penggunaan alkohol. Bisa juga karena Anda terserang demam atau penyakit. Anda bisa menyingkirkan plak lidah dengan menggunakan obat kumur. Dengan kata lain, ini bukanlah masalah yang serius," kata dr Younai dikutip dari Refinery29, Senin (15/5/2017).

Plak lidah bisa menyebabkan bau mulut, tapi tidak dianggap sebagai kondisi serius. Namun ada penyebab lain yang harus diperhatikan.

Jika Anda melihat bintik putih di lidah itu bisa menjadi gejala infeksi jamur, peradangan, atau tanda awal kanker lidah. Sebaiknya Anda menghubungi dokter gigi untuk pemeriksaan yang lebih rinci.

Secara normal, lidah yang sehat harus berwarna merah muda dan ditutupi papilla kecil menurut Cleveland Clinic.

Saat Anda menyikat gigi, ada baiknya menyikat lidah untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin ada di permukaan lidah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.