Sukses

Tertusuk Jarum Suntik di Bioskop Bisa Tularkan HIV?

Benarkah bila kita tertusuk jarum suntik yang ditaruh di bawah kursi bioskop bisa tularkan HIV? Ini jawaban pakarnya.

Liputan6.com, Jakarta Beredar rumor di masyarakat bahwa ada oknum jahil yang menaruh jarum suntik di bawah kursi bioskop, yang bisa mengakibatkan orang tersebut tertular HIV.

Namun, dr. Nadia Octavia dari Klik Dokter, mengatakan, risiko seseorang tertular virus HIV dari tusukan jarum suntik yang tidak disengaja sangat kecil.

Menurut Nadia, berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa risiko terinfeksi HIV dari jarum suntik yang diletakkan di bawah kursi bioskop adalah 0,3 persen atau 1 banding 3.000.

Itu artinya, 99,7 persen kasus tidak menyebabkan infeksi virus HIV.

"Sedangkan risiko setelah terpapar darah yang terinfeksi HIV (jika tidak ada luka di kulit) adalah kurang dari 0,1 persen," kata dia dikutip dari situs Klik Dokter pada Sabtu (13/5/2017)

Ini dikarenakan virus HIV tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia, serta sangat sensitif terhadap perubahan pH.

Akan tetapi, orang-orang yang akan pergi ke bioskop harus tetap waspada. Nadia menyarankan, segera cuci area tubuh yang terkena tusukan jarum (yang ditakutkan dapat menularkan virus HIV) tersebut dengan sabun dan air mengalir atau cairan disinfektan (chlorhexidine gluconate).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini