Sukses

Survei: Banyak Orangtua Khawatir Soal Anaknya di Medsos

Postingan anak di medos ternyata membuat orangtua khawatir.

Liputan6.com, Kanada Sebuah survei terbaru Kids Help Phone menunjukkan, sekitar sepertiga orangtua di Kanada begitu khawatir terhadap anaknya yang masih remaja di media sosial (medsos). Kebanyakan remaja mengunggah keterampilan yang dimilikinya, menurut laporan para orangtua.

Menanggapi fenomena tersebut, psikoterapis Vielka Almanzar melihat adanya tantangan orangtua dalam  mengasuh anak di era digital. Salah satunya adalah soal orangtua yang tidak pernah terlibat dengan platform media sosial.

Almanzar menyarankan, orangtua harus terus berkomunikasi dengan anak-anak mereka terkait medsos.

Tantangan lain, yaitu orangtua sering berselancar di medsos yang berbeda dari remaja mereka. Misalnya, 62 persen remaja berusia 16-18 tahun aktif di Instagram dan 58 persen remaja aktif di Snapchat. Sedangkan hanya 30 persen orangtua mereka berselancar di Instagram dan hanya 14 persen orangtua yang aktif di Snapchat.

Sesuai ditulis Global News, Kamis (11/5/2017), untuk mengantisipasi hal tersebut, ada cara terbaik bagi orang tua untuk mempromosikan penggunaan medsos secara positif bagi anak-anak. Beritahukan anak tentang platform media sosial yang digunakan.

Jika anak Anda aktif di beberapa platform media sosial tak ada salahnya untuk ikut memantau anak Anda di media sosial tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini