Sukses

Cara Mudah Usir Kantuk Meski Tidur Kurang dari 5 Jam

Agar tetap terjaga setelah kurang tidur di malam sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa pun tentunya pernah mengalami kondisi kurang tidur dengan alasan beragam. Entah karena ada anggota keluarga yang sakit, deadline pekerjaan, atau insomnia, kita jadi sulit memejamkan mata dengan cepat. Padahal, orang dewasa disarankan untuk mendapatkan tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Ketika kurang tidur, keesokan harinya tubuh menjadi tidak bugar, lemas, dan mengantuk. Hal ini jadi sangat mengganggu ketika kita masih harus berangkat ke kantor dan menyelesaikan tugas.

Agar tetap terjaga setelah kurang tidur di malam sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Trik-trik yang dikutip dari Reader's Digest ini telah terbukti secara ilmiah. Silakan mencoba!

1. Hidupkan lampu

Salah satu cara untuk membuat tubuh tetap terjaga setelah begadang adalah mereset kembali jam internal tubuh dengan bantuan cahaya.

"Terapi cahaya yang dilakukan selama 20 menit ketika bangun tidur atau pada waktu tertentu di siang hari bisa sangat efektif," ujar ahli tidur Michael Breus, PhD, penulis The Power of When.

Hal ini bisa dilakukan dengan menghidupkan lampu di rumah. "Ada bohlam lampu yang spesial dengan spektrum warna biru yang bisa membantu seseorang terjaga dari tidur. Aku menggunakannya di kamar mandi," ucapnya.

Studi dari American Academy of Sleep Medicine menemukan bahwa cahaya lampu yang benderang di akhir malam sangat efektif membuat terjaga.

2. Berjemur matahari

Ya, paparan sinar matahari membantu ritme sirkadian tubuh Anda secara alami. Bahkan sinar matahari lebih efektif dibandingkan paparan cahaya buatan dari lampu.

"Sinar matahari memberi sinyal pada tubuh dan otak untuk lebih terjaga dari tidur," ujar ahli tidur Richard Shane, PhD, pencipta metode Sleep Easily.

Berjemur di cahaya matahari selama lima hingga 10 menit dengan memejamkan mata akan "membangunkan" otak Anda dan mempersiapkannya untuk memulai hari. Studi juga membuktikan, menghirup udara segar memberi efek menyegarkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membasuh wajah

3. Membasuh wajah dengan air dingin

Air hangat memberi efek menenangkan. Namun, air dingin adalah pilihan yang tepat bila Anda sangat mengantuk dan ingin segera terjaga. Memercikkan air segar atau membasuh wajah bisa mengusir kantuk.

"Itu merupakan stimulan bagi kulit dan sistem saraf. Inilah yang membangunkan Anda," ujar Dr Shane.

Penelitian yang dilakukan University of Chicago menemukan, para partisipan yang membasuh wajah dengan air dingin menjadi lebih terjaga dan bisa menyelesaikan tugas dengan baik ketimbang mereka yang mencuci muka dengan air hangat.

Alasannya, ketika terkena air dingin, tubuh melepas hormon seperti noradrenalin. Hormon inilah yang membuat tubuh dan otak terjaga.

4. Bernapas

Studi dari Northwestern University menemukan, bernapas dalam mampu meningkatkan fungsi kognitif.

Dr Shane mengatakan, bernapas dalam juga bisa mengenyahkan perasaan lelah serta memberi asupan energi. Berusaha tetap terjaga ketika Anda sangat mengantuk menyebabkan tubuh stres. Dan ketika stres, napas cenderung menjadi pendek.

"Bernapaslah sedikit lebih dalam dan perlahan dibandingkan biasanya. Napas akan menjadi lebih lancar dan nyaman. Sesi menenangkan ini sangat membantu mengatasi kelelahan," ujar Dr Shane.

5. Menyetel lagu bertempo cepat

Alih-alih membiarkan diri terseret kesibukan harian dalam kondisi mengantuk, dengarkan saja musik berirama cepat. Anda pun bisa mendengarkan musik kesukaan itu sambil menggoyangkan badan. Dengan demikian kadar energi meningkat.

"Suara menstimulasi sistem saraf Anda," ujar Dr Shane.

Musik juga menstimulasi area di otak yang bertugas mencermati dan menyimpan memori, ungkap studi dari Standford University. Cara ini juga kabarnya ampuh untuk mengusir kantuk ketika Anda tengah berkendara. Namun, baiknya hindari mengendarai kendaraan bila sedang benar-benar mengantuk.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini