Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Begini Cara Kelola Kebersihan Vagina Saat Berjamur

Menjaga kebersihan saat vagina sedang berjamur menjadi hal yang paling penting untuk meredakan rasa gatal.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan vagina sudah menjadi kewajiban setiap wanita agar terhindar dari masalah kesehatan, seperti infeksi ragi vagina atau vaginal yeast infection.

Ragi atau jamur yang memiliki nama latin candida ini membuat vagina terasa sangat gatal. Selain pengobatan medis, menjaga kebersihan menjadi hal yang harus diperhatikan. Tapi tak semua wanita paham betul bagaimana cara mengelola kebersihan vagina saat sedang berjamur dengan baik dan benar.

Mengutip laman Stds and You, Senin (8/5/2017) berikut cara mengelola kebersihan vagina saat berjamur.

1. Selalu cuci tangan

Pentingnya cuci tangan bukan saja sebelum dan sesudah makan, tapi Anda juga harus selalu mencuci tangan saat berkontak dengan cairan di tubuh termasuk darah, ludah, dan lendir. Sebab jamur dapat berkembang dengan cepat jika berkontak dengan bakteri lain.

Penggunaan sabun juga perlu diperhatikan untuk memastikan tangan benar-benar steril. Disarankan untuk menggunakan sabun cair dan bukan sabun batangan. Sebab, sabun batangan masih memiliki kemungkinan bakteri hidup di lapisan terluar dari sabun.

2. Pakai handuk bersih dan kering

Saat vagina sedang berjamur, Anda harus selalu mengeringkan area intim dengan handuk bersih dan kering. Cara ini sangat penting untuk menghindari kelembapan di vagina. Karena area intim yang lembap dapat mempengaruhi pertumbuhan jamur.

3. Celana dalam katun

Mengutip Get Rid of Things, selama vagina masih berjamur Anda disarankan untuk mengenakan celana dalam berbahan katun. Jenis bahan ini dapat menjaga area intim terhindar dari kelembapan. Sementara jika Anda menggunakan bahan sintetis maka vagina akan semakin lembap dan jamur semakin senang bermukim di sana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.