Sukses

Sains Buktikan 6 Cara Ini Ampuh Bantu Tidur Lebih Cepat

Enam cara yang sudah dibuktikan para ilmuwan ini membantu Anda tertidur lebih cepat dan nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menyelesaikan aktivitas seharian penuh, tentu tubuh butuh tidur untuk beristirahat. Sayangnya, tak semua individu bisa tidur dengan cepat.

Namun, beberapa penelitian berikut ini bisa menjadi solusi untuk membantu tidur lebih cepat dan nyenyak seperti dikutip dari Business Insider, Minggu (7/5/201).

1. Pilih lampu yang redup

Cahaya lampu yang redup dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan lelap. Penelitian yang terbit dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, Harvard Medical School, hormon melatonin akan terkontrol dengan baik jika kondisi lampu di kamar redup atau gelap.

2. Pasangan yang bahagia

Sleep Medicine Reviews mengatakan pasangan yang bahagia lebih mudah terlelap dan mendapatkan tidur nyenyak.

3. Tidur bersama anak

Menurut Sleep, tidur bersama buah hati atau anak-anak dapat membantu Anda tidur lebih cepat.

4. Hangatkan kaki dan tangan

Kondisi kaki dan tangan yang hangat juga menjadi salah satu cara untuk membantu Anda terlelap dengan cepat dan nyenyak. Anda bisa mengompres tangan dan kaki dengan botol hangat atau menggunakan selimut tebal.

5. Perhatikan suhu kamar

Penelitian yang dilakukan Harvard Medical School, suhu ruangan atau kamar dapat membantu tubuh untuk tertidur lebih cepat. 

6. Musik klasik

Studi dari Journal of Advanced Nursing menunjukkan, dengan mendengarkan musik klasik tubuh akan merasa lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini