Sukses

Calendula, Bunga Cantik yang Bikin Kulit Sehat

Bunga calendula berkhasiat meredakan inflamasi, mengobati luka seperti luka bakar, eksim, hingga kondisi kulit lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya cantik, bunga calendula yang memiliki kelopak kuning cerah ternyata bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bunga ini berkhasiat meredakan inflamasi, mengobati luka seperti luka bakar, eksim, hingga kondisi kulit lainnya.

Laman Prevention menulis, sebuah studi di Australia menunjukkan, ekstrak bunga calendula mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan munculnya kerutan. Ini karena bunga yang juga disebut pot marigold itu mengandung asam fenolat dan flavanoid glycosides yang bertindak sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Berikut dua manfaat utama bunga calendula bagi kesehatan kulit, dikutip dari Livestrong, Kamis (4/5/2017).

Menyembuhkan luka

Bunga calendula mengandung senyawa anti-inflamasi dan antiseptik sehingga kerap digunakan untuk mengatasi luka bakar akibat sengatan sinar matahari (sunburn), ruam, gigitan serangga, serta iritasi lainnya.

Pengobatan dengan calendula juga bisa meredakan masalah kulit seperti kontak dermatitis (eksim) yang disebabkan kondisi lingkungan. Calendula mampu mempercepat proses regenerasi jaringan kulit dan mengatasi inflamasi.

Menjaga kekenyalan kulit

Minyak calendula biasa digunakan untuk perawatan kulit kering dan rusak. Senyawa alami bunga calendula membantu kulit tetap muda dan berkilau. Bahkan minyak calendula cukup aman dioleskan pada bagian kulit di sekitar mata dan mencegah timbulnya keriput.

Meski bunga calendula umumnya bermanfaat bagi kesehatan kulit, tak semua orang bisa merasakan dampak positifnya. Bunga ini bisa menimbulkan ruam pada orang yang alergi terhadapnya.

Memorial Sloan Kettering Cancer Center memperingatkan, ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari produk-produk yang terbuat dari bunga calendula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini