Sukses

Parutan Jahe Bisa Atasi Rambut Berminyak

Manfaat jahe rupanya tak hanya menyedapkan masakan saja, tapi kandungan di dalamnya bisa mengusir rambut berminyak.

Liputan6.com, Jakarta Selain mampu melezatkan makanan hingga menghangatkan tubuh, jahe juga dapat melindungi kulit dan kesehatan rambut.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, jahe bisa digunakan dengan cara dikonsumsi dan dioleskan langsung pada area tubuh. Khusus perawatan kulit dan rambut, Anda bisa mengolah jahe jadi berupa pasta, cairan, hingga masker oles.

Melansir laman Boldsky, Sabtu (29/4/2017) berikut khasiat jahe yang bisa Anda raup untuk kulit dan rambut yang sehat.

1. Cegah penuaan

Sebanyak 40 senyawa antioksidan yang ditemukan di jahe membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah. Jahe juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga kulit nampak sehat dan bercahaya.

2. Cegah jerawat

Sifat antiseptik yang kuat dari jahe dapat mencegah munculnya jerawat pada kulit.

3. Hilangkan noda hitam

Mengoleskan jahe secara langsung pada area wajah yang bernoda dapat membantu hilangkan noda hitam, bekas jerawat, dan merawat kulit dari hiperpigmentasi.

4. Kulit lebih kencang

Sifat antioksidan dalam jahe dapat membantu meningkatkan kekencangan kulit. Anda bisa menggunakan parutan jahe yang dicampur dengan air lemon untuk hasil yang maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rambut sehat dan berkilau

5. Rambut lebih subur

Jahe akan menstimulasi sirkulasi darah menuju kulit kepala yang pada akhirnya merangsang pertumbuhan rambut.

Potong jahe menjadi beberapa bagian dan keringkan di bawah sinar matahari. Giling potongan jahe dan tambahkan yoghurt tanpa rasa, lalu oleskan pada kulit kepala. Bilas setelahnya dengan air dingin.

6. Pengusir ketombe

Ambil dua sendok yoghurt dan tambahkan satu butir telur, lalu tuangkan tiga sendok bubuk jahe dan satu sendok minyak zaitun. Campur semua bahan jadi satu dan oleskan. Diamkan selama 30 menit ulangi dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

7. Hentikan rambut berminyak

Parut sebatang jahe dan tambahkan beberapa tetes air lemon, oleskan setelahnya. Tunggu selama satu jam dan bersihkan dengan air dingin. Gunakan obat ramuan ini setiap hari untuk mencegah produksi sebum berlebihan pada kulit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.