Sukses

Coba Saran dari Pakar Ini agar Mudah Tidur Nyenyak

Tidak sulit memperoleh tidur berkualitas dan nyenyak di malam hari. Cukup mengikuti tiga saran dari pakar ini

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan tidur malam berkualitas bukan perkara sulit. Coba terapkan tiga saran dari pakar berikut ini, dijamin tidur malam Anda lebih nyenyak, sehingga bisa bangun tepat waktu dan dalam keadaan bugar.

Pertama, buang jauh-jauh kebiasaan buruk mengonsumsi kafein setelah lewat pukul 15.00. Kafein yang masuk di waktu yang salah menyebabkan stimulan yang bertugas membuat kita tidur nyenyak tidak bekerja maksimal.

"Pastikan juga tidak melakukan olahraga terlalu berat di waktu tersebut karena nantinya ada efek kumulatif yang dapat memengaruhi sistem di tubuh Anda," kata Ahli Nutrisi Biokimia, Dr Libby Weaver dikutip dari Times of India, Jumat (28/4/2017)

Apalagi bagi individu yang sudah berumur lebih dari 50 tahun, tidak boleh lagi minum teh atau kopi di tengah hari. "Karena mereka butuh waktu lebih lama untuk menyerap stimulan pada minuman tersebut," kata Libby.

Berdasarkan penjelasan yang tertuang di Global Council on Brain Health, tidak cukup tidur memperburuk kesehatan tubuh kita, yang berdampak pada risiko kanker, demensia, dan depresi.

"Selain kopi (minuman berkafein), setop menggunakan ponsel 90 menit sebelum tidur demi mendapatkan kualitas tidur yang baik," katanya.

Bila dua cara tersebut dirasa tidak mempan, tambahkan satu kebiasaan baik, yaitu mandi air hangat sebelum tidur.

"Mandi air hangat di malam hari dapat mengubah suhu tubuh Anda yang juga dapat meningkatkan tidur menjadi lebih baik," katanya.

Waktu yang baik untuk mandi air hangat di malam hari adalah satu atau dua jam sebelum tidur. Setelahnya, buatlah diri Anda santai dan nyaman, buang jauh-jauh energi negatif yang Anda peroleh selama satu hari penuh, dan secara perlahan tutup mata Anda agar tidur berkualitas benar-benar Anda dapatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.