Sukses

Tetap Bisa Kerja, Ini Cara Atasi Nyeri Menstruasi

Saat menstruasi, biasanya timbul rasa nyeri atau kram yang membuat Anda jadi tidak nyaman bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Saat menstruasi, biasanya wanita akan merasakan nyeri dan kram. Nyeri yang kadang tak tertahankan ini tentunya memengaruhi produktivitas sehari-hari. Segala sesuatu akan terasa tidak nyaman, termasuk bekerja.

Menurut psikolog Elizabeth Santosa, menstruasi menjadi tantangan tersendiri bagi wanita. Tak hanya saat masa menstruasi datang, pramenstruasi (PMS) pun membuat wanita tidak nyaman.

"Baik pramenstruasi maupun menstruasi, wanita pasti akan merasa tidak nyaman. Mungkin tidak semua wanita. Ada juga wanita yang tidak merasakan apa-apa dan biasa-biasa saja menghadapi efek PMS dan menstruasi, seperti gampang tersinggung, mudah marah, dan cepat terpancing emosinya," kata Elizabeth dalam acara "Sangobion Femine Menstrupain, Ajak Perempuan Indonesia Tetap Aktif Saat Menstruasi" di Veranda Hotel, Jakarta pada Kamis (27/4/2017).

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa wanita lakukan untuk mengatasi efek perubahan mood selama menstruasi. Menurut Elizabeth, cara-cara di bawah ini bisa bantu wanita tetap produktif saat menstruasi:

Pertama, wanita harus tetap berolahraga. Meski rasa nyeri menyerang, olahraga dapat membuat wanita lebih nyaman, rasa nyeri akan berkurang. Olahraga yang dilakukan pun bisa semudah jalan kaki.

Kedua, tentukan skala prioritas. Beban pekerjaan wanita sangat besar, terlebih lagi wanita karier yang sudah berkeluarga. Segala urusan rumah tangga dan pekerjaan kerap menjadi pikiran. Karenanya, penting fokus hanya pada hal-hal yang benar-benar penting terlebih dahulu saat Anda sedang menstruasi.

"Tentukan skala prioritas, apa yang harus dilakukan. Fokus mengerjakan dan menyelesaikan satu pekerjaan. Sebaiknya, hindari melakukan sesuatu yang multitasking (melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu). Cara ini untuk meringankan wanita agar fokus menyelesaikan satu pekerjaan sehingga bisa melakukan pekerjaan lain," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.