Sukses

Bergantung pada Ponsel Bikin Kemampuan Otak Menurun

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan otak? Salah satunya dengan jangan bergantung pada ponsel.

Liputan6.com, Jakarta Otak adalah organ penting dalam tubuh. Apabila Anda seorang pelajar, tentu Anda ingin mencari cara yang efisien untuk mencerna apa yang guru ajarkan. Orang dewasa dan orang lanjut usia juga akan berusaha mempertahankan kemampuan otaknya dengan berbagai cara.

Ada banyak cara untuk memperbaiki kerja otak Anda, mulai dari latihan sederhana hingga perubahan gaya hidup. Berikut ini adalah cara meningkatkan kemampuan otak Anda seperti dikutip dari situs Lifehack, Kamis (27/4/2017) sehingga akan membuat diri Anda lebih cerdas, memiliki ingatan yang lebih baik memperbaiki ingatan dan membantu perkembangan otak:

1. Olahraga

Anda dapat melakukan gerakan atau aktivitas fisik untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Meningkatnya aliran darah akan mendorong produksi senyawa pelindung saraf, mengurangi risiko munculnya penyakit kardiovaskular yang menghambat fungsi otak dan menyebabkan stroke.

2. Lemak omega-3

Lemak omega-3 seperti asam Docosahexaenoic (DHA) tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh Anda tetapi ini memiliki peranan penting dalam tubuh, terutama untuk otak.

Salah satu cara untuk memperolehnya adalah melalui makanan. Asupan Omega-3 yang rendah dapat mempercepat munculnya gejala penyakit Alzeimer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suplemen otak dan tulis tangan

3. Suplemen Otak

Suplemen otak memiliki kemampuan untuk meningkatkan memori, baik kesadaran jangka panjang maupun jangka pendek, kesadaran spesial, kemampuan belajar, pemikiran logis, koordinasi, dan refleks. Anda dapat mencobanya untuk menjaga kondisi otak.

4. Tulis Tangan

Fakta menunjukkan, menulis dengan tangan dan membaca catatan tulisan tangan mengembangkan area otak yang tidak aktif saat kita mengetik dan membaca teks tercetak.

Dalam jangka pendek, Anda cenderung lebih baik mengingat hal-hal yang telah Anda tuliskan. Dalam jangka panjang, Anda akan memiliki ingatan yang lebih lama, kemampuan analisis dan pengenalan pola yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

Mengonsumsi vitamin D

5. Mengonsumsi Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk mengembangkan dan memelihara area otak yang bertanggung jawab atas perencanaan, pembentukan memori, dan pemrosesan informasi.

Anda dapat meningkatkan vitamin D hanya dengan berada di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari yang tepat akan meningkatkan produksi vitamin dalam tubuh Anda.

Jika Anda tinggal di daerah yang jarang menerima sinar matahari maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D.

6. Cobalah Pengalaman Baru

Anda harus sering mencoba hal baru untuk memperoleh pengalaman, seperti belajar bahasa asing atau apapun yang Anda sukai. Penguasaan keterampilan baru akan membuat jalur neuron baru di otak Anda dan tentunya selain mendapatkan keterampilan baru, Anda akan mendapatkan kemampuan belajar yang lebih baik pada umumnya.

7. Latihlah Otak Anda

Anda dapat melakukan latihan otak dengan mengurangi ketergantungan pada berbagai perangkat yang kita gunakan sehari-hari. Jadi, jika Anda ingin memperbaiki otak Anda, berhentilah menggunakan ponsel cerdas Anda untuk aktivitas yang tidak penting seperti, melakukan penjumlahan atau menggunakan GPS untuk menemukan jalan yang sudah biasa Anda lalui.

Reporter: Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.