Sukses

Wanita Berkolesterol Tinggi Disarankan Makan Daging Unggas Gelap

Wanita yang memiliki kadar kolesterol tinggi disarankan mengonsumsi daging unggas gelap agar terhindar dari masalah jantung.

Liputan6.com, Jakarta Peneliti dari NYU Langone Medical Center menemukan nutrisi penting dalam daging unggas gelap, taurin, mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner (PJK), khususnya pada wanita dengan kolesterol tinggi.

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition ini menemukan efek baik dari taurin dalam daging unggas gelap, khususnya pada bagian paha, sayap, dan kaki memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung koroner (PJK) pada wanita.

Asupan taurin yang tinggi dapat menurunkan 60 persen kemungkinan penyakit jantung pada wanita, yang memiliki kadar kolesterol tinggi. 

"Ini cukup menarik. Ada potensi yang menguntungkan dari taurin terhadap penyakit kardiovaskular," kata pemimpin studi, Yu Chen, PhD, MPH, Profesor Kesehatan Masyarakat pada Divisi Epidemiologi di Langone Medical Center, New York University.

Terbaru, PLoS One pada Feburari 2016 menerbitkan penelitian terkait risiko stroke yang lebih rendah pada wanita non-perokok dan wanita yang memiliki kadar taurin dalam darah lebih tinggi.

"Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan. Namun, kedua penelitian ini menunjukkan bahwa ke depan orang dengan kolesterol tinggi harus makan lebih banyak unggas juga potongan daging gelap," kata Dr. Chen dikutip dari Everyday Health, Kamis (27/4/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini