Sukses

Masuki Usia 50-an, Tak Dianjurkan Makan Menu Menggiurkan Ini

Liputan6.com, Jakarta Bertambahnya usia rupanya akan mempengaruhi pola makan seseorang. Bukan sekadar porsinya saja, tapi juga pada jenis makanannya.

Seperti dikutip laman Everyday Health, Rabu (26/4/2017) saat pria dan wanita memasuki usia 50-an, beberapa makanan ini tidak lagi dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan peningkatan berat badan di usia tua dan meningkatkan risiko penyakit degeneratif.

1. Roti panggang

Ahli gizi dan konsultan nutrisi olahraga dari Pittsburgh, Leslie Bonci mengatakan roti panggang merupakan makanan "bom kalori". Mengomsumsi satu lapis roti panggang akan memberikan 180 kalori pada tubuh. Tak hanya itu roti panggang juga mengandung gula tinggi dan tidak memiliki protein dan serat.

"Sebaiknya Anda memilih roti gandum dan buah sebagai menu sarapan sehat," kata Bonci.

2. Cokelat putih

Jim White, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan ahli diet dari Virginia, mengatakan kandungan cokelat putih memiliki lemak nabati yang berisiko pada masalah jantung bagi pria dan wanita di usia 50-an.

Bagi pria dan wanita yang tengah memasuki usia 50-an, lebih baik makan dark cokelat yang bersifat antioksidan dan mampu mengurangi peradangan.

3. Ribeye

Jenis daging ini memang mampu menggoyang lidah, tapi Deepak Talreja, MD, ahli jantung dari Hampton Roads, Virginia, mengatakan ribeye memiliki 16 gram lemak yang berpotensi pada kolesterol tinggi. "Pertimbangkan jika Anda ingin memakan steak ini," kata Talreja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.