Sukses

Ini Alasan Tali Sepatu Anda Selalu Lepas

Liputan6.com, Jakarta Anda yang hobi mengenakan sepatu bertali pasti sering menemukan, tali sepatu Anda lepas sendiri. Tenang, Anda tidak sendirian.

Ternyata jawaban dari hal ini lebih dari sekadar ikatan yang tidak kuat.

Melansir Health.com, Selasa (25/4/2017) para insinyur teknik dari University of California Berkeley mencoba mencari tahu alasan di balik fenomena mengganggu ini.

Mereka menemukan, kekuatan kaki yang memijak tanah beserta tenaga akibat berjalan dan mengayunkan kaki ketika disatukan akan membuat simpul tali sepatu lepas, BBC melaporkan.

Tenaga yang pertama di atas akan membuat tali sepatu jadi lebih longgar, dan tenaga yang kedua akan membuat ikatannya lepas. Para ahli menggunakan kamera slow-motion di dalam percobaan mereka untuk mencari tahu sains di balik permasalahan ini.

Salah satu penulis studi, Christine Gregg, berlari di atas treadmill, lalu salah satu koleganya merekam adegan ini untuk mencari tahu apa yang terjadi setelah ia mengikat tali sepatunya.

"Untuk melepaskan ikatan tali sepatuku, aku menarik ujung dari simpul pita itu, dan ikatannya terlepas," ujar Gregg. "Ikatan tali sepatu itu lepas karena sejenis gerakan yang sama. Tenaga yang menyebabkan hal ini tidak hanya muncul karena ada yang menarik ujungnya, melainkan dari tenaga inersial akibat pergerakan kaki yang mengayun saat simpul itu melonggar karena sepatu berkali-kali menghentak tanah."

Eksperimen ini dilakukan menggunakan berbagai jenis tali sepatu, dan hasilnya tetap sama.

Sayangnya, walau menemukan alasan di balik kenapa tali sepatu Anda selalu lepas, para peneliti belum berhasil menemukan jenis ikatan tali sepatu yang tahan dengan segala pergerakan yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini