Sukses

Tak Cuma Menyenangkan, Lompat Tali Sehatkan Jantung dan Paru-Paru

Liputan6.com, Jakarta Lompat tali bukan hanya sekadar mainan anak kecil. Faktanya, sejumlah manfaat kesehatan bisa didapat dari permainan ini.

Selain membuat Anda tetap bugar, lompat tali juga bisa meningkatkan kesehatan paru-paru serta ketahanan fisik. Berikut beberapa manfaat bermain lompat tali yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir Step to Health, Selasa (25/4/2017):

1. Melatih jantung 

Lompat tali merupakan cara efektif untuk melatih jantung agar tetap sehat. Lompat tali bisa meningkatkan detak jantung yang sama seperti saat kita berjalan, berlari, naik turun tangga, atau mengendarai sepeda.

Jenis latihan ini memungkinkan tubuh Anda menggunakan oksigen secara efisien. Alhasil, jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah jadi lebih kuat.

2. Melatih koordinasi dan gerakan tubuh

Jika Anda pernah melakukan lompat tali saat masih kecil, Anda harus ingat bahwa latihan ini juga melatih koordinasi dan gerakan tubuh. Untuk memulainya, Anda harus berlatih gerakan lengan dan kaki secara terpisah.

3. Melatih otot

Saat Anda melompat tali, otot bekerja semua. Latihan ini menggunakan otot tubuh bagian atas, inti, dan bawah. Selain itu juga, Anda menggunakan otot bisep dan trisep untuk membuat tali tetap bergerak.

4. Bakar kalori

Melompat tali selama 30 menit membakar sekitar 400 kalori. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, latihan ini merupakan aktivitas yang hebat untuk melakukan hal itu.

5. Mengurangi stres

Meski belum diuji secara ilmiah, lompat tali yang membutuhkan koordinasi tubuh ternyata bisa membuat koneksi saraf baru.

Selain itu, lompat tali mendorong tubuh kita untuk menghasilkan endorfin (hormon bahagia). Hormon ini membantu kita untuk lebih rileks dan mengurangi stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.