Sukses

3 Cara Cepat untuk Tenangkan Diri Saat Panik

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang membutuhkan bantuan khusus untuk menenangkan serangan panik mereka. Beberapa bahkan didiagnosis mengalami gangguan panik atau anxiety yang membuat mereka memerlukan bantuan profesional.

Sementara yang lain, mungkin ada kejadian tertentu yang memicu rasa panik Anda. Apapun penyebabnya, beberapa strategi terapi perilaku berikut ini bisa membantu Anda mengusir serangan panik, melansir Women's Health, Selasa (25/4/2017):

1. Trik es batu

Letakkan es batu di bawah mata, di atas tulang pipi selama 30 menit. Rasa dingin bisa mendistraksi pikiran Anda yang sedang panik.

Rasa dingin di area ini juga bisa memicu reflek sistem saraf parasimpatetik, memperlambat ritme napas dan detak jantung, sehingga bisa menimbulkan rasa tenang.

2. Trik kertas

Tuliskan pikiran-pikiran negatif Anda di sehelai kertas, seperti "Aku tidak bisa melakukan apa-apa saat ini," lalu tanya secara jujur pada diri sendiri apakah hal itu sesuai fakta.

Penelitian menunjukkan, pikiran kita terkadang terdistorsi sehingga bisa membuat kita merasa buruk. Riset menemukan, cara menulis ini bisa membantu Anda mengindentifikasi nosi yang salah sehingga Anda bisa berpikir secara lebih realistis.

3. Trik tangga

Duduklah dengan nyaman, pejamkan mata, dan tarik nafas panjang. Bayangkan secara detil Anda sedang menuruni tangga secara perlahan, mulai dari pencahayaan sampai ke rasa pegangan tangga sampai ke suara telapak kaki Anda menjejak setiap anak tangga.

Semakin jelas Anda bisa membayangkan diri dalam latihan ini, semakin kecil ruang yang tersisa untuk pikiran-pikiran yang bisa membuat panik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini