Sukses

3 Bahan Dapur yang Mampu Basmi Ketombe Rambut

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sudah menyerah mengatasi ketombe rambut dengan sampo anti-ketombe, beberapa bahan berikut ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi ketombe yang berdiam di kulit kepala.

Lemon hingga baking soda, bahan yang pasti ada di dapur rumah Anda bisa diracik menjadi senjata pembasmi ketombe rambut seperti dikutip The Health Site, Senin (24/4/2017).

1. Lemon

Buah sitrus ini memiliki banyak vitamin C yang bersifat asam sehingga efektif bantu hilangkan ketombe. Anda bisa secara langsung menggosok lemon di kulit kepala atau bagian berketombe.
Gosokkan irisan lemon ke kulit kepala biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air biasa. Lakukan ini sekali seminggu untuk hasil maksimal.

2. Baking soda

Sifat basa dari baking soda dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan bertindak sebagai exfoliant yang membantu mengendalikan sekresi minyak pada kulit kepala.

Caranya, cuci rambut dengan air hangat lalu oleskan baking soda yang sudah dicampur dengan air hingga menyerupai pasta. Beri pijatan lembut lalu bilas dengan air bersih.

3. Lidah buaya

Sifat anti-jamur yang ditawatkan lidah buata berfungsi untuk menenangkan kulit kepala dari ketombe juga rasa gatal. Anda hanya membutuhkan lima sendok makan gel lidah buaya, lalu oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit.

Setelahnya, bilas rambut dengan air bersih lalu keramasi rambut dengan sedikit sampo. Lakukan dua kali seminggu untuk mempercepat hilangnya ketombe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini