Sukses

Ikuti Cara Mudah Ini untuk Stimulasi Kecerdasan Anak Sejak Lahir

Berikut ini ada enam cara sederhana untuk menstimulasi kecerdasan anak Anda

Liputan6.com, Jakarta Saat bayi baru lahir, semua yang  dlihat olehnya merupakan suatu hal yang benar-benar baru. Dalam hal ini, peran orangtua sangat penting untuk mengenalkan apa yang ada disekelilingnya, dengan cara menstimulasi pikiran dan tubuhnya sejak dini. Namun, hal-hal apa saja yang bisa dilakukan?

Berikut ini ada enam cara sederhana untuk menstimulasi kecerdasan anak Anda, mulai dari usia nol hingga 12 bulan, seperti dilansir dari Purewow, Sabtu (22/4/2017):

1. Memainkan kertas

Bagi ayi, bermain dengan tekstur yang berbeda-beda bisa menjadi pengalaman yaang menakjubkan untuknya. Jadi, coba ambil beberapa kertas berwarna, bungkus kado, atau tisu, lalu usap-usap benda-benda tersebut dengan lembut di kaki dan tangannya. Untuk stimulasi ekstra, gunakan pola hitam putih dengan warna yang tebal.

2. Membacakan buku cerita

Membaca buku bersama dengan anak Anda merupakan cara penting untuk membuatnya dapat mengembangkan kosakata serta meningkatkan kemampuan komunikasinya. Namun saat sedang membacakannya buku cerita, pastikan bayi Anda dapat melihat ekspresi wajah Anda agar ia bisa membentuk kata-kata melalui mulutnya.

3. Menggerakkan benda di depan wajahnya

Setelah menginjak usia satu bulan pertama, bayi Anda akan dapat mengikuti suatu objek dengan matanya. Jadi yang terbaik, coba tingkatkan kemampuannya ini dengan cara menggerakkan mainan warna-warni ke atau an ke bawah di depan wajah bayi Anda, lalu biarkan ia terpukau melihat benda-benda tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pijat bayi

4. Memijat bayi

Memijat bayi saat ia selesai mandi dengan menggunakan sedikit losion atau minyak khusus, tidak hanya membuatnya relaks, tetapi juga akan merangsang sistem saraf pusatnya, sehingga stres dapat berkurang dan bayi pun merasa lebih tenang. 

5. Cermin

Letakkan sebuah cermin di depan bayi Anda dan biarkan ia menatap penuh tanya pada pantulan dirinya di cermin tersebut. Cara mudah ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kemampuan emosionalnya.

6. Ceritakan padanya apa yang sedang Anda lakukan

Coba bicaralah pada anak Anda seolah sedang berbicara dengan suami atau sahabat. Menceritakan padanya mengenai semua hal yang sedang Anda lakukan akan membangun keterampilan komunikasinya sekaligus membantunya untuk membiasakan diri dengan hal-hal yang ada di sekelilingnya.

(Tassa Marita Fitradayanti )

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini