Sukses

Meditasi Lebih Bermanfaat bagi Wanita Dibanding Pria

Meditasi mampu membuat wanita menjadi lebih fokus.

Liputan6.com, Amerika Serikat Meditasi kesadaran ternyata memengaruhi wanita, bukan pria. Temuan ini menurut studi yang melihat perbedaan gender dalam meditasi. Peneliti dari Brown University, Amerika Serikat menemukan, perbedaan meditasi yang nyata bagi pria dan wanita.

Melalui meditasi, wanita bisa mengatasi suasana hati yang sedih. Studi ini melibatkan 41 siswa laki-laki dan 36 siswa perempuan selama kelas akademik sepanjang 12 minggu penuh.

Selama waktu itu, rata-rata siswa melakukan meditasi lebih dari 41 jam di kelas dan di luar ruangan. Suasana hati wanita meningkat rata-rata lebih dari 11,6, sedangkan suasana hati pria menjadi sedikit lebih buruk.

Para peneliti percaya, ada perbedaaan pengaruh meditasi antara pria dan wanita dalam menghadapi tekanan emosional.

"Hal ini memang sangat spekulatif. Tapi secara stereotip, wanita mampu fokus melakukan perenungan. Sementara itu, pria kerap teralihkan perhatiannya dan tidak fokus," kata Dr Willoughby Britton, asisten profesor psikiatri dikutip dari The Telegraph, Jumat  (21/4/2017).

Penelitian ini dipublikasikan di laman Frontiers in Psychology pada 20 April 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini