Sukses

10 Tanda Awal Kanker yang Kerap Diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Kanker merupakan penyakit mengerikan yang kerap datang tak terduga. Individu yang didiagnosis kanker seringkali tak menyadari bahkan mengabaikan gejalanya hingga stadiumnya telah lanjut.

Gejala kanker yang samar perlu dipastikan dengan pemeriksaan menyeluruh. Semakin awal deteksi kanker, semakin mudah penyakit tersebut diatasi.

Berikut tanda awal kanker yang sebaiknya Anda cermati agar bisa ditangani dini, dilansir dari laman Boldsky, Jumat (21/4/2017):

1. Benjolan di bawah kulit

Benjolan di jaringan payudara hanya bisa ditemukan melalui pemeriksaan diri sendiri. Ketika Anda merasa ada perubahan pada bagian tubuh, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

2. Kulit gatal

Tubuh memperlakukan kanker bak bakteri karenanya sistem daya tahan tubuh akan otomatis memeranginya. Kondisi tersebut akan meningkatkan aliran darah lebih ke area yang terserang sel kanker. Ini yang kemudian menyebabkan area tersebut terasa hangat dan gatal.

3. Luka tak kunjung sembuh

Bila Anda mendapati ada luka di tubuh yang tak sembuh-sembuh, ini bisa jadi tanda awal kanker berkembang di tubuh.

4. Benjolan di mulut atau lidah

Benjolan putih yang muncul di mulut, gusi, atau tenggorokan perlu segera diperiksakan pada profesional kesehatan. Ini kerap jadi tanda kanker yang diabaikan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan feses

5. Perubahan feses

Apa pun yang tampak tak biasa pada kotoran Anda perlu diwaspadai. Bila ada darah pada fess, bisa jadi itu merupakan tanda kanker darah. Namun, tentunya Anda harus memastikannya memalui pemeriksaan medis.

6. Kesulitan menelan atau hilangnya selera makan

Bila Anda mengalami kesulitan menelan atau proses pencernaan terganggun, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Ini akan memengaruhi kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini juga menjadi tanda peringatan kemungkinan seseorang mengidap kanker.

7. Perubahan urine

Fungsi kandung kemih akan terganggu bila Anda terkena kanker. Kemungkinan Anda akan menemukan perubahan pada warna, bau, serta munculnya busa atau darah di urine.

8. Perdarahan

Mengalami perdarahan tanpa sebab yang jelas harus selalu diwaspadai dan diperiksakan. Darah yang muncul di uterus, puting payudara, atau bagian tubuh lainnya harus segera diperiksakan.

9. Perubahan suara

Kanker laring bisa menyebabkan perubahan pitch atau tone suara kita. Anda perlu segerak memeriksakan hal itu.

10. Batuk terus-menerus

Kanker tenggorokan, paru, atau esofagus dan perut bisa menyebabkan batuk yang terus-menerus. Bila Anda mengalami batuk yang tak kunjung reda atau bila Anda batuk berdarah, artinya perlu benar-benar berhati-hati dan memeriksakan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini